SISMONICA (2022) IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI RUAS JALAN PROVINSI DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (428kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab I.pdf
Download (14kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (791kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kabupaten Sleman terletak di bagian utara Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan merupakan lokasi arus lalu lintas prospektif di jalur selatan pulau Jawa. Jalur Propinsi merupakan bagian dari jalur yang berfungsi sebagai jalan kolektor primer yang menghubungkan ibukota propinsi dengan ibukota kabupaten atau kota. Akibat kondisi tersebut, arus lalu lintas jalan propinsi di Kabupaten Sleman cukup signifikan dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Arus lalu lintas di dalam Kabupaten Sleman tidak hanya akan meningkat, tetapi juga arus lalu lintas yang masuk dan keluar Kabupaten Sleman, serta lalu lintas yang hanya lintas Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan cedera ataupun kematian. Oleh karena itu, mengidentifikasi Daerah Rawan Kecelakaan (DRK) di Kabupaten Sleman menjadi penting untuk menentukan lokasi mana saja yang rawan kecelakaan di jalan Propinsi di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder . Data sekunder berupa data kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sleman tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 yang diperoleh dari POLRES Sleman, setelah itu data dianalisis menggunakan metode EAN (Equivalent Accident Number), dan ditentukan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas menggunakan statistik kendali mutu sebagai control-chart UCL atau Upper Control Limit. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, lokasi rawan kecelakaan pada ruas jalan kabupaten pada tahun 2018 hingga 2021 masing-masing memiliki lima belas ruas jalan dengan metode EAN (Equivalent Accident Number) > nilai UCL (Upper Control Limit). Dihasilkan lokasi yang paling banyak terjadi kecelakaan adalah Yogyakarta – Kebonagung 1. Kemudian, dibuktikan melalui laporan Satlantas Polres Sleman
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN, DAERAH RAWAN KECELAKAAN, UPPER CONTROL LIMIT ACCIDENT EQUIVALENT NUMBER, ACCIDENT-PRONE AREA, UPPER CONTROL LIMIT |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 04:19 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 04:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33726 |