RISKA MIANINGSIH (2022) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN DAN LALU LINTAS TERHADAP ANGKA KECELAKAAN DI RUAS JALAN SENTOLO-PENGASIH KM 5 - 7,25 KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (463kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (757kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (777kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (686kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (491kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (456kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan parameter utama tingkat keselamatan jalan. Jalan Sentolo-Pengasih merupakan jalan provinsi dengan fungsi Kolektor Primer 11 yang menuju ke pusat kegiatan strategis nasional. Jalan Sentolo-Pengasih Km 5 — 7,25 yang menjadi lokasi penelitian memiliki volume kendaraan rendah sehingga pengemudi cenderung berkecepatan tinggi yang beresiko menyebabkan kecelakaan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kecelakaan, menganalisis geometrik jalan serta hubungannya terhadap kecelakaan, dan menganalisis hubungan rasio volume kapasitas jalan (RVK) terhadap kecepatan dan angka kecelakaan dengan metode kuantitatif. Data Polres Kulon Progo tahun 2019-2021 menunjukan jenis kecelakaan yang terjadi meliputi kecclakaan depan-depan, samping-samping, depan-belakang, bentntun, tunggal, tabrak manusia, dan tertinggi depan-samping sebesar 36,36% yang didominasi kendaraan sepeda motor 82,46%. Hasil inspeksi keselamatan jalan menunjukan bahwa lajur lalu lintas dan bahu jalan sudah sesuai dengan Peraturan Bina Marga 2021. Pemodelan jalan menggunakan software AutoCAD Civil 3D 2015 menunjukan terdapat 4 alinemen horizontal (AH) dengan 50% tikungan belum memenuhi jari-jari minimum dan 50% tikungan belum memenuhi lengkung peralihan minimum serta 11 alinemen vertikal (AV) dengan 18,18% kelandaian (tanjakan dan turunan), dan 72,72% lengkung tidak memenuhi persyaratan. Nilai RVK pagi, siang, sore secara bentrutan adalah 0,35; 0,31; dan 0,33 dengan kecepatan 54,61 km/jam, 57,29 km/jam, 55,48 km/jam, sehingga hubungan RVK dengan kecepatan berbanding terbalik. Scdangkan hubungan RVK dengan angka kccelakaan bcrbanding lurus berdasarkan analisis data Dinas Perhubungan DIY didapatkan hasil RVK tertinggi pada tahun 2019, 2020, dan 2021 secara berurutan 0,43; 0,20; dan 0,19 dengan angka kecelakaan 0,55; 0,55; dan 0,41. Sclain itu potensi angka kecelakaan sebesar 7,86 dengan RVK 0,35.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ACCIDENT, ROAD GEOMETRICS, SAFETY, SPEED, VCR |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:15 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33815 |