EKA PUTRI KRISTIYANTI (2022) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN DAN LALU LINTAS TERHADAP ANGKA KECELAKAAN DI JALAN SENTOLO-PENGASIH KM 0-2,6 KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (659kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (82kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (768kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Jalan Sentolo-Pengasih merupakan jalan provinsi dengan fungsi Kolektor Primer II yang menghubungkan ibu kota Kabupaten Kulon Progo ke Ibu Kota Provinsi DIY. Jalan Pengasih-Sentolo Km 0-Km 2,6 yang merupakan lokasi penelitian ini memiliki volume kendaraan rendah sehingga pengemudi cenderung berkendara dengan kecepatan yang tinggi sehingga beresiko terhadap kecelakaan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik kecelakaan, menganalisis geometrik jalan terhadap kecelakaan, serta hubungan rasio volume kapasitas jalan (RVK) dengan kecepatan dan angka kecelakaan dengan metode kuantitatif. Data Polres Kulon Progo tahun 2019-2021 menunjukkan bahwa jenis kecelakaan yang terjadi meliputi kecelakaan jenis depan-depan sebesar 6.06%, samping-samping 3,03%, depan-belakang 12,12%, beruntun 6,06%, tunggal 30,30%, tabrak manusia 6,06%, dan tertinggi adalah jenis depan-samping 36.36% yang didominasi oleh sepeda motor sebesar 82,46%. Berdasarkan hasil inspeksi keselamatan jalan (IKJ) lajur lalu lintas dan bahu jalan sesuai dengan Pedoman Bina Marga 2021. Pemodelan jalan menggunakan software AutoCAD Civil 3D 2015 mendapatkan hasil analisis 60% tikungan, 22,22% kelandaian (tanjakan dan turunan), dan 77,78% lengkung vertikal tidak memenuhi persyaratan. Nilai RVK pagi, siang, dan sore secara berurutan sebesar 0,34; 0,31; dan 0,32 dengan kecepatan 4,98 km/jam; 45,73 km/jam; dan 44,55 km/jam sehingga hubungan RVK dengan kecepatan berbanding terbalik. Sementara hubungan RVK dengan angka kecelakaan berbanding lurus berdasarkan analisis data Dinas Perhubungan DIY tahun 2019-2021 dengan nilai RVK 0,43; 0,20; dan 0,19 yang berbanding lurus terhadap angka kecelakaan 0,55; 0,55; dan 0,41. Selain itu potensi angka kecelakaan menunjukkan 5,93 dengan RVK 0,34.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ACCIDENT, AUTOCAD CIVIL 3D, ROAD GEOMETRIK, SPEED, VCR |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 03:27 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33817 |