ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN DAN LALU LINTAS TERHADAP ANGKA KECELAKAAN DI JALAN SENTOLO-PENGASIH KM 0-2,6 KULON PROGO

EKA PUTRI KRISTIYANTI (2022) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN DAN LALU LINTAS TERHADAP ANGKA KECELAKAAN DI JALAN SENTOLO-PENGASIH KM 0-2,6 KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Jalan Sentolo-Pengasih merupakan jalan provinsi dengan fungsi Kolektor Primer II yang menghubungkan ibu kota Kabupaten Kulon Progo ke Ibu Kota Provinsi DIY. Jalan Pengasih-Sentolo Km 0-Km 2,6 yang merupakan lokasi penelitian ini memiliki volume kendaraan rendah sehingga pengemudi cenderung berkendara dengan kecepatan yang tinggi sehingga beresiko terhadap kecelakaan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik kecelakaan, menganalisis geometrik jalan terhadap kecelakaan, serta hubungan rasio volume kapasitas jalan (RVK) dengan kecepatan dan angka kecelakaan dengan metode kuantitatif. Data Polres Kulon Progo tahun 2019-2021 menunjukkan bahwa jenis kecelakaan yang terjadi meliputi kecelakaan jenis depan-depan sebesar 6.06%, samping-samping 3,03%, depan-belakang 12,12%, beruntun 6,06%, tunggal 30,30%, tabrak manusia 6,06%, dan tertinggi adalah jenis depan-samping 36.36% yang didominasi oleh sepeda motor sebesar 82,46%. Berdasarkan hasil inspeksi keselamatan jalan (IKJ) lajur lalu lintas dan bahu jalan sesuai dengan Pedoman Bina Marga 2021. Pemodelan jalan menggunakan software AutoCAD Civil 3D 2015 mendapatkan hasil analisis 60% tikungan, 22,22% kelandaian (tanjakan dan turunan), dan 77,78% lengkung vertikal tidak memenuhi persyaratan. Nilai RVK pagi, siang, dan sore secara berurutan sebesar 0,34; 0,31; dan 0,32 dengan kecepatan 4,98 km/jam; 45,73 km/jam; dan 44,55 km/jam sehingga hubungan RVK dengan kecepatan berbanding terbalik. Sementara hubungan RVK dengan angka kecelakaan berbanding lurus berdasarkan analisis data Dinas Perhubungan DIY tahun 2019-2021 dengan nilai RVK 0,43; 0,20; dan 0,19 yang berbanding lurus terhadap angka kecelakaan 0,55; 0,55; dan 0,41. Selain itu potensi angka kecelakaan menunjukkan 5,93 dengan RVK 0,34.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ACCIDENT, AUTOCAD CIVIL 3D, ROAD GEOMETRIK, SPEED, VCR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 10 Sep 2022 03:27
Last Modified: 10 Sep 2022 03:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33817

Actions (login required)

View Item
View Item