RAFI NAUFAL RADIFAN (2022) EFEKTIVITAS MEDIA BATANG COMMAND CENTER SEBAGAI UPAYA KENDALI LAYANAN PUBLIK PADA KABUPATEN BATANG TAHUN 2019-2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (550kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (547kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Bab I.pdf
Download (362kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI SEBERAPA EFEKTIF KEHADIRAN BATANG COMMAND CENTER SEBAGAI UPAYA KENDALI LAYANAN PUBLIK, YANG MANA MEMANG HADIRNYA BATANG COMMAND CENTER INI DAPAT MENGINTEGRASIKAN LAYANAN DAN SEBAGAI PUSAT MENGKOORDINASIKAN BERBAGAI OPD. UNTUK MENGENDALIKAN LAYANAN PUBLIK BATANG COMMAND CENTER MEWADAHI LAYANAN YANG BERNAMA LAYANAN 112 YANG SEBAGAIMANA DAPAT DIGUNAKAN OLEH MASYARAKAT LINGKUP KABUPATEN BATANG DALAM HAL KEDARURATAN ATAU INFORMASI/ASPIRASI MASYARAKAT. BATANG COMMAND CENTER DIJABARKAN DI RPJMD KABUPATEN BATANG TAHUN 2017-2022, DITULISKAN BAHWA BATANG COMMAND CENTER MENJADI SALAH SATU PROGRAM PRIORITAS. DIMANA KEHADIRANNYA JUGA DIDUKUNG DARI SALAH SATU MISI DALAM DOKUMEN RPJMD KABUPATEN BATANG TAHUN 2017-2022 YAKNI MEMBANGUN TATA KELOLA PELAYANAN PUBLIK BERBASIS SMART CITY DIDUKUNG DENGAN KERJASAMA. ADAPUN BATANG COMMAND CENTER MERUPAKAN ARAHAN YANG DIPAPARKAN BUPATI BATANG, DAN UNTUK LAYANAN 112 SEBAGAI ARAHAN DARI PUSAT DARI KEMENKOMINFO KARENA DI ERA TEKNOLOGI YANG SERBA CANGGIH MENUNTUT AGAR PELAYANAN PUN MAKIN CEPAT, TERUTAMA BERKAITAN DENGAN KEGAWATDARURATAN. MAKA PEMERINTAH KABUPATEN BATANG MENUNJUKKANNYA DENGAN MELAUNCHING LAYANAN PANGGILAN DARURAT 112, YANG MERUPAKAN KEWAJIBAN PEMDA MELAYANI MASYARAKAT. METODE PENELITIAN YANG DILAKUKAN PADA PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. TEKNIK PENGUMPULAN DATANYA MENGGUNAKAN WAWANCARA, OBSERVASI, DAN DOKUMENTASI. LOKASI PENELITIAN DILAKUKAN DI DAERAH KABUPATEN BATANG YANG BERTEMPAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BATANG DAN RUANG COMMAND CENTER. ANALISIS YANG DIGUNAKAN MERUJUK PADA DEFINISI OPERASIONAL YANG SUDAH DITULIS MENGGUNAKAN TEORI EFEKTIVITAS DAN TEORI KUALITAS PELAYANAN. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA BATANG COMMAND CENTER DIUKUR DENGAN TEORI EFEKTIVITAS DAN TEORI KUALITAS PELAYANAN SUDAH SESUAI DENGAN INDIKATOR YANG ADA DIMANA HADIRNYA BATANG COMMAND CENTER EFEKTIF DALAM MENJADI PUSAT KENDALI LAYANAN PUBLIK. BATANG COMMAND CENTER DAPAT MENGELOLA BERBAGAI LAYANAN YANG NANTINYA DAPAT MEMUDAHKAN SETIAP INSTANSI DAN MASYARAKAT. SALAH SATUNYA MENGINTEGRASIKAN LAYANAN 112. SELAIN ITU LAYANAN 112 DENGAN SISTEM LAYANAN NOMOR TUNGGAL KEGAWATDARURATAN TERPADU TANPA BIAYA DAN BEBAS PULSA DILAYANI PETUGAS HANDAL DAN BERKOMPETEN MELAYANI KEGAWATDARURATAN MAUPUN INFORMASI ATAU ASPIRASI DENGAN MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA SELAMA 24 JAM 7 HARI. SELAIN ITU MEMBERIKAN LAYANAN DARURAT ATAU INFORMASI BEBAS PULSA YANG MENGINTEGRASIKAN SEMUA KEBUTUHAN TERKAIT KEADAAN DARURAT SEPERTI; DARURAT KESEHATAN, KEBAKARAN, KAMBITBMAS, KECELAKAAN DAN BENCANA. INOVASI YANG MENITIKBERATKAN RESPONSE TIME, MEMANGKAS BIROKRASI YANG LAMBAT DALAM PENANGANAN DILAPANGAN UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI PELAYANAN YANG PRIMA KEPADA MASYARAKAT DALAM BERBAGAI PENGADUAN DAN KELUHAN TERKAIT KEGAWATDARURATAN. SARAN YANG DIBERIKAN OLEH PENELITI YAITU UNTUK LEBIH OPTIMAL DAPAT DIBUATKAN SUATU APLIKASI YANG MENGAKOMODIR BERBAGAI LAYANAN DI BATANG COMMAND CENTER, MEMBERIKAN SOSIALISASI LAGI MENYELURUH, MENAMBAH JUMLAH SUMBER DAYA MANUSIA (SDM), MEMBERIKAN JAMINAN PENGOPTIMALAN TERHADAP PETUGAS UNTUK DIBERIKAN PELATIHAN ATAU BIMBINGAN LAGI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIVITAS, KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, COMMAND CENTER, LAYANAN 112 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 02:55 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 02:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33832 |