LAILA KHOIRUNNISA HIJRIANTI (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD LIMPUNG KABUPATEN BATANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Bab I.pdf
Download (240kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (476kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (718kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
RSUD Limpung, merupakan Rumah Sakit kelas D yang berdiri sejak tahun 2016, RSUD ini memiliki 4 (empat) orang Apoteker dan 6 (enam) orang Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dengan rata – rata pengunjung sebanyak kurang lebih 66 orang perhari. Peran pelayanan farmasi di rumah sakit merupakan salah satu kegiatan yang dapat menunjang pelayanan yang bermutu dan meningkatkan keberhasilan terapi dalam suatu pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Limpung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimental secara deskriptif – analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data tingkat kepuasan pasien didapat dari 100 pasien rawat jalan RSUD Limpung yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diisi responden. Data tingkat kepuasan pasien diukur berdasarkan skala likert dan analisis data dilakukan dengan menghitung rata - rata kinerja dan harapan, menghitung tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan, serta Importance Performance Matrix (IPM) dengan menampilkan diagram kartesius yang membandingkan antara tingkat harapan pasien dengan tingkat kepuasan di Rumah Sakit Umum Daerah Limpung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Limpung mendapatkan rata – rata nilai kepuasan 3,21 dan rata – rata nilai harapan 3,67 dengan tingkat kesesuaian kepuasan dan harapan > 75 % di tiap dimensinya, yaitu reliability 80,92 %, responsiveness 90,12 %, assurance 90,55 %, empathy 87,01 %, dan tangibles 88,72 %. Importance Performance Matrix (IPM) terdapat 7 atribut yang menjadi prioritas utama untuk diberikan penanganan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah Limpung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien puas dengan pelayanan yang diberikan di Instalasi Farmasi Rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Limpung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | OUT PATIENT PHARMACY DEPARTMENT, PATIENT SATISFACTION, PHARMACEUTICAL SERVICES, RSUD LIMPUNG, |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 03:00 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33987 |