ISNAENI LISTRIA (2022) EFEKTIVITAS MEDIA VIRTUAL REALITY (VR) DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MAHASISWA KEPERAWATAN : LITERATURE REVIEW. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (409kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (59kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (711kB)
Abstract
LATAR BELAKANG: VIRTUAL REALITY (VR) ATAU SIMULASI VIRTUAL ADALAH SIMULASI BERBASIS KOMPUTER 3D YANG MEMBERI KESAN HADIR DALAM SUASANA LINGKUNGAN YANG NYATA. DALAM PEMBELAJARAN DARING YANG SAAT INI SUDAH DITERAPKAN SELAMA PANDEMI, LEBIH DARI 50% MAHASISWA MEMBERIKAN TANGGAPAN POSITIF DAN KURANG DARI 50% MAHASISWA TIDAK PUAS. OLEH KARNA HAL TERSEBUT, PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VR HADIR DENGAN MENAWARKAN ALTERNATIF BARU YANG MENJANJIKAN YAITU SIMULASI BERKUALITAS TINGGI DENGAN HARGA TERJANGKAU SERTA DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PENALARAN KLINIS SESUAI KONDISI PASIEN.
TUJUAN: PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK MELALUI MEDIA VIRTUAL REALITY (VR) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN.
METODE: METODE PENELITIAN YANG DIGUNAKAN ADALAH LITERATURE REVIEW DENGAN MENGGUNAKAN 3 (TIGA) DATABASE, YAITU PUBMED, GOOGLE SCHOOLAR DAN SCIENCEDIRECT. PENELUSURAN DILAKUKAN SECARA TERBATAS YAITU PADA PUBLIKASI DARI TAHUN 2019 HINGGA 2021 DAN MENGGUNAKAN KATA KUNCI SESUAI DENGAN KRITERIA INKLUSI.
HASIL PENELITIAN: BERDASARKAN HASIL LITERATURE REVIEW YANG MENUNJUKKAN BAHWA PENGGUNAAN SIMULASI VR MERUPAKAN METODE YANG EFEKTIF BAGI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM. KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN VR MERUJUK PADA KOMPETENSI INTI YANG DIDAPATKAN SELAMA PEMBELAJARAN, YAITU PENGETAHUAN (PENINGKATAN PEMAHAMAN), KETERAMPILAN (PENINGKATAN KETERAMPILAN) DAN SIKAP (PENINGKATAN KESADARAN DAN KEPEKAAN MENGENAI KEBUTUHAN). DISAMPING ITU, PENGGUNAAN VR JUGA MEMBERIKAN KESAN POSITIF MAUPUN NEGATIF SELAMA PEMBELAJARAN BERLANGSUNG.
KESIMPULAN: PENGGUNAAN SIMULASI VR MERUPAKAN METODE YANG EFEKTIF BAGI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM. SIMULASI VR DALAM PEMBELAJARAN KLINIS MAHASISWA KEPERAWATAN MENUNJUKKAN DAPAT MEMBANTU UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI INTI KEPERAWATAN DAN MEMAKSIMALKAN BELAJAR DALAM BERBAGAI STATUS KONDISI PASIEN.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VIRTUAL REALITY (VR), MAHASISWA KEPERAWATAN, PEMBELAJARAN PRAKTIK ATAU VIRTUAL REALITY (VR), NURSING STUDENTS, PRACTICAL LEARNING |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:01 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34076 |