DANDI SETIADI (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (287kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Bab I.pdf
Download (338kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (552kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH (1) UNTUK MENGIDENTIFIKASI RELIGIUSITAS SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL, (2) UNTUK MENGKAJI KECERDASANE MOSIONAL SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL, (3) UNTUK MENGETAHUI KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL, (4) UNTUK MENEMUKAN PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAPK KECERDASAN EMOSIONAL DAN SOSIAL SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL. JENIS PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KUANTITATIF MODEL REGRESI. POPULASI DALAM PENELITIAN INI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI KECAMATAN KASIHAN YANG BERJUMLAH 34 SEKOLAH DASAR. ADAPUN SAMPEL DALAM PENELITIAN INI YAITU SEBANYAK 150 SISWA DARI 4 SEKOLAH DASAR YANG ADA DI KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022, YAITU SEKOLAH DASAR NEGERI KASIHAN, SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGJATI, SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN, DAN SEKOLAH DASAR BRAJAN. TEKNIK PENGUMPULAN DATA MELALUI OBSERVASI, WAWANCARA, DAN UJI SKALA LIKERT DENGAN APLIKASI P-KES-SD. SETELAH DATA DIPEROLEH DILAKUKAN ANALISIS DATA DENGAN MENGGUNAKAN UJI REGRESI LINIER SEDERHANA. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA RELIGIUSITAS SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIHAN BERKATEGORI TINGGI. DAN ASPEK TERTINGGI YAITU PADA ASPEK KEYAKINAN DAN PENGAMALAN, SEDANGKAN ASPEK PENGETAHUAN DAN PENGHAYATAN TERMASUK KATEGORI SEDANG, DAN ASPEK YANG MASIH RENDAH YAITU ASPEK PRAKTIK KEAGAMAAN. KECERDASAN EMOSIONAL DAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIHAN TERTINGGI PADA ASPEK PSIKOMOTORIK, DIKUTI ASPEK AFEKTIF, DAN TERENDAH PADA ASPEK KOGNITIF. ARTINYA, SISWA SD DI KECAMATAN KASIHAN TELAH MELAKUKAN AKHLAK YANG BAIK, TETAPI KURANG DILATIH UNTUK MERASAKAN AKHLAK YANG BAIK DAN KURANG MEMAHAMI ALASAN MENGAPA MENGAPA MEREKA BERPRILAKU BAIK. SEHINGGA, PRILAKU BAIK SISWA TIDAK AKAN BERTAHAN SAMPAI MEREKA TUA KARENA BELUM TERTANAM DI HATI MEREKA. HASIL UJI REGRESI LINIER SEDERHANA MENUNJUKKAN BAHWA TERDAPAT PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KCAMATAN KASIHAN DENGAN KOEFISIEN DETERMINASI (R SQUARE) SEBESAR 10, 4
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | THE AIMS KEYWORDS: RELIGIOSITY, EMOTIONAL AND SOCIAL INTELLIGENCE, STUDENTS |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 02:52 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 02:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34082 |