PENGARUH PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PERAWAT-PASIEN MENGENAI PRINSIP BENAR OBAT PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

RADIATAN MARDIAH (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PERAWAT-PASIEN MENGENAI PRINSIP BENAR OBAT PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

LATAR BELAKANG: KOMUNIKASI ADALAH PROSES PEMBERIAN INFOMASI DAN PENYAMPAIAN HASIL PEMIKIRAN DARI PEMBERI KEPADA PENERIMA PESAN MELALUI CARA TERTENTU. KEJADIAN NYARIS CIDERA (KCN) MASIH DITEMUKAN AKIBAT KOMUNIKASI TIDAK EFEKTIF, DIMANA PERAWAT TIDAK MENANYAKAN DAN MENGKLARIFIKASI IDENTITAS PASIEN DENGAN OBAT YANG DIBERIKAN. KETERAMPILAN KOMUNIKASI PENTING DIMILIKI DAN DIPELAJARI OLEH MAHASISWA KEPERAWATAN KETIKA MEMBERIKAN OBAT. KEMAMPUAN INI DAPAT DIKEMBANGKAN MELALUI EXPERIENTIAL LEARNING SEBELUM PENEMPATAN KLINIK, UNTUK MEMPERSIAPKAN DAN MELATIH MAHASISWA SEHINGGA MAMPU MENGOMUNIKASIKAN OBAT KEPADA PASIEN.

TUJUAN: MENERAPKAN PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA KEPERAWATAN DENGAN PASIEN DALAM PEMBERIAN OBAT MENGGUNAKAN ENAM PRINSIP BENAR OBAT.

METODE PENELITIAN: PENELITIAN INI MENGGUNAKAN DESAIN QUASY EKSPERIMENTAL DENGAN RANCANGAN NON EQUIVALENT CONTROL GROUP POST TEST ONLY DESIGN. RESPONDEN SEBANYAK 43 MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER DUA TERDIRI ATAS KELOMPOK INTERVENSI YANG MENDAPATKAN EMPAT TAHAP EXPERIENTIAL LEARNING DAN KELOMPOK KONTROL YANG MENDAPATKAN CEKLIST DAN PENJELASAN MENGENAI KOMUNIKASI PRINSIP ENAM BENAR OBAT. KEMAMPUAN KOMUNIKASI DINILAI MENGGUNAKAN CEKLIST KEMAMPUAN KOMUNIKASI ENAM PRINSIP BENAR OBAT. TEKNIK PENGUMPULAN DATA MENGGUNAKAN UJI OBSERVASI DAN ANALISA DATA MENGGUNAKAN UJI DESKRIPTIF DAN INDEPENDENT T-TEST.

HASIL: KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA KELOMPOK INTERVENSI LEBIH TINGGI DIBANDINGKAN KELOMPOK KONTROL DENGAN NILAI P < .001. EXPERIENTIAL LEARNING SECARA SIGNIFIKAN BERPENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MENGENAI ENAM PRINSIP BENAR OBAT PADA MAHASISWA KEPERAWATAN.

KESIMPULAN: KELOMPOK INTERVENSI YANG MENDAPATKAN EMPAT TAHAP EXPERIENTIAL LEARNING MEMILIKI KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG TINGGI, DAN KELOMPOK KONTROL HANYA MENDAPATKAN CEKLIST DAN PENJELASAN MENGENAI ENAM PRINSIP BENAR OBAT MEMILIKI KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG RENDAH DIBANDINGKAN KELOMPOK INTERVENSI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: EXPERIENTIAL LEARNING, COMMUNICATION ABILITY, RIGHT PRINCIPLE OF DRUGS, NURSING STUDENT
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:48
Last Modified: 09 Sep 2022 07:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34209

Actions (login required)

View Item
View Item