TUTI HANDAYU (2022) ANALISIS KINERJA INSTALASI DIKLATLITBANG RSJ GRHASIA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (305kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Bab I.pdf
Download (115kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (960kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar Belakang : Instalasi Diklatlitbang Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grhasia belum pernah melakukan suatu pengukuran kinerja sehingga belum diketahui sejauh mana keberhasilan pengelolaan keuangan dan non keuangan dalam mencapai visi dan tujuan organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja Instalasi Diklatlitbang RSJ Grhasia dengan metode balanced scorecard (BSC) melalui 4 perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.
Metode: Penelitian merupakan penelitian deskriptif yang dianalisis secara deskriptif analitik. Data kuantitatif diperoleh dari data sekunder dan hasil survay pelanggan internal (karyawan) dan eksternal (mahasiswa praktik). Data kualitatif diperoleh dari wawancara pengelola diklat dan penanggung jawab mahasiswa. Penelitian berlokasi di Instalasi Diklatlitbang RSJ Grhasia.
Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian dari perspektif keuangan menunjukkan hasil yang kurang untuk tingkat pendapatan dan rasio efektivitas namun menunjukkan hasil yang baik untuk Cost Recovery Rate / CRR. Perspektif pelanggan menunjukkan hasil "puas" pada tingkat kepuasan karyawan dan hasil "baik" pada tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Instalasi Diklatlitbang. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja baik untuk sistem dan prosedur pelayanan, kelengkapan fasilitas pelayanan dan proses inovasi Instalasi Diklatlitbang. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja kurang pada indikator angka karyawan yang mendapatkan pelatihan 20 jam per tahun dan tingkat pendidikan karyawan menunjukkan hasil cukup baik.
Simpulan: Secara keseluruhan kinerja Instalasi Diklatlitbang RSJ Grhasia berdasarkan penilaian skor dalam balanced scorecard dengan menggunakan 11 variabel dikatakan “cukup”. Selain itu belum terdapat keseimbangan antara aspek keuangan dan non keuangan sehingga aspek keuangan perlu mendapatkan perhatian dalam perbaikan kinerjanya. Pengukuran kinerja ini diperlukan untuk peningkatan mutu layanan khususnya pelayanan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan serta mendukung proses akreditasi rumah sakit.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERFORMANCE ANALYSIS, BALANCED SCORECARD, TRAINING AND DEVELOPMENT |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:24 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34273 |