PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO KETERAMPILAN KLINIS TERHADAP NILAI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE)

MUJTAHIDDIN ANSHORI (2022) PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO KETERAMPILAN KLINIS TERHADAP NILAI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

LATAR BELAKANG: OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) MERUPAKAN UJIAN YANG DILAKUKAN UNTUK MENGEVALUASI KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA KEDOKTERAN. PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIS KONVENSIONAL DILALUKAN MELALUI SKILLS LAB DENGAN METODE PEMBELAJARAN YANG BIASA DIGUNAKAN ADALAH METODE DEMONSTRASI. KEGIATAN SKILLS LAB SAAT INI MEMILIKI BEBERAPA KETERBATASAN, SEPERTI KETERBATASAN WAKTU, KETERBATASAN JUMLAH INSTRUKTUR, BELUM ADANYA BUKU MENGENAI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR, JUMLAH ALAT BANTU PRAKTIK, JUMLAH RUANGAN, METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG MASIH TERBATAS. PENGGUNAAN VIDEO DINILAI DAPAT MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIS DAN MENGATASI KETERBATASAN TERSEBUT.

TUJUAN: UNTUK MENGETAHUI PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO KETERAMPILAN KLINIS TERHADAP NILAI OSCE.

METODE: PENELITIAN OBSERVASIONAL DENGAN PENDEKATAN CROSS-SECTIONAL. MELIBATKAN 89 SAMPEL MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. SKOR INTENSITAS MENONTON DIAMBIL MENGGUNAKAN KUESIONER. METODE ANALISA DATA MENGGUNAKAN UJI REGRESI LINIER.

HASIL: SKOR RATA-RATA INTENSITAS MENONTON YANG DIDAPATKAN MAHASISWA ADALAH 49.57 (70.81%) ATAU ADA PADA KATEGORI SEDANG. NILAI RATA-RATA OSCE YANG DIDAPATKAN MAHASISWA ADALAH 80.74 ATAU BERADA PADA KATEGORI TINGGI. HASIL UJI REGRESI LINIER MENUNJUKKAN BAHWA TERDAPAT PENGARUH INTENSITAS MENONTON TERHADAP NILAI OSCE (SIG. = 0,00) DENGAN KOEFISIEN DETERMINASI SEBESAR 35,4%.

KESIMPULAN: TERDAPAT PENGARUH YANG SIGNIFIKAN DARI INTENSITAS MENONTON VIDEO KETERAMPILAN KLINIS TERHADAP NILAI OSCE.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: WATCHING INTENSITY, CLINICAL SKILLS VIDEO, OSCE, SKILLS LAB
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:15
Last Modified: 01 Sep 2022 07:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34333

Actions (login required)

View Item
View Item