Muhammad Yusuf Albiruni (2021) GOVERNMENT STRATEGY IN IMPROVING EDUCATION QUALITY BY SCHOOL ZONING SYSTEM (CASE STUDY: JUNIOR HIGH SCHOOL ADMISSION IN YOGYAKARTA CITY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (425kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (300kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (679kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Sistem zonasi dalam Kebijakan Penerimaan Siswa Baru (PPDB) merupakan kebijakan yang ditujukan untuk pemerataan mutu pendidikan di Indonesia dan untuk mendobrak pembatas antara sekolah favorit dan sekolah tidak populer. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menerapkan kebijakan sistem zonasi selama PPDB di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada tahun pertama pelaksanaannya pada proses penerimaan mahasiswa baru, muncul beberapa kendala. Salah satunya protes dari berbagai pihak, terutama para orang tua calon mahasiswa. Oleh karena itu, dalam rangka evaluasi kebijakan PPDB sistem zonasi, peran Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui sistem zonasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, khususnya pengumpulan data primer dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi data, mengelompokkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan PPDB sistem zonasi untuk SMP di Yogyakarta telah berhasil diterapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Hal tersebut terlihat dari berbagai indikator penilaian evaluasi yang hasilnya sudah sesuai. Dilihat dari perspektif kesetaraan, sistem zonasi mampu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang membentuk pola pikir tentang sekolah favorit, khususnya di Kota Yogyakarta. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan sistem zonasi untuk jenjang SMP di Yogyakarta telah berjalan dengan baik, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan. Semua indikator penilaian evaluasi sudah sesuai dengan kenyataan.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:52 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3440 |