Servanda Aprilado Ananda G B (2021) PENGELOLAAN APLIKASI LAPORGUB SEBAGAI COMPLAINT HANDLING PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (675kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
Bab I.pdf
Download (567kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (496kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
<p><em>Public relations</em> di era perkembangan teknologi komunikasi dan informatika mengharuskan beradaptasi ke platform online, dalam kajian ini dapat disebut sebagai <em>cyber public relations</em>. Pengelolaan aplikasi LaporGub oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai complaint handling telah memanfaatkan pratik cyber public relations agar mempermudah hubungan antara organisasi dengan publiknya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang e-Government, Kasi Pengembangan aplikasi, Kasi Pengembangan Ekosistem e-Government, dan Staf e-Government serta masyarakat Jawa Tengah yang menggunakan aplikasi LaporGub. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem complint handling yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki 10 kanal. Penelitian ini menggambarkan bagaimana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengelola apliksi LaporGub dengan mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Davidow, yaitu timeliness, apology, redress, credibility, dan attentiveness. Hasilnya, dalam pengelolaan aplikasi LaporGub, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagian besar telah menerapkan teori yang dikemukakan oleh Davidow. Masih banyaknya aduan yang belum dapat diselesaikan dan fitur aplikasi yang belum multimaedia menjadi masalah utama dalam pengelolaan aplikasi LaporGub. Maka dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memperbaiki sistem integrasinya dengan instansi terkit dan mengupgrde versi aplikasinya.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3442 |