Servanda Aprilado Ananda G B (2021) PENGELOLAAN APLIKASI LAPORGUB SEBAGAI COMPLAINT HANDLING PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (567kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
<p><em>Public relations</em> di era perkembangan teknologi komunikasi dan informatika mengharuskan beradaptasi ke platform online, dalam kajian ini dapat disebut sebagai <em>cyber public relations</em>. Pengelolaan aplikasi LaporGub oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai complaint handling telah memanfaatkan pratik cyber public relations agar mempermudah hubungan antara organisasi dengan publiknya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang e-Government, Kasi Pengembangan aplikasi, Kasi Pengembangan Ekosistem e-Government, dan Staf e-Government serta masyarakat Jawa Tengah yang menggunakan aplikasi LaporGub. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem complint handling yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki 10 kanal. Penelitian ini menggambarkan bagaimana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengelola apliksi LaporGub dengan mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Davidow, yaitu timeliness, apology, redress, credibility, dan attentiveness. Hasilnya, dalam pengelolaan aplikasi LaporGub, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagian besar telah menerapkan teori yang dikemukakan oleh Davidow. Masih banyaknya aduan yang belum dapat diselesaikan dan fitur aplikasi yang belum multimaedia menjadi masalah utama dalam pengelolaan aplikasi LaporGub. Maka dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memperbaiki sistem integrasinya dengan instansi terkit dan mengupgrde versi aplikasinya.</p>
Dosen Pembimbing: | Nur Sofyan, S.I.Kom., M.I.Kom and UNSPECIFIED | NIDN0504078901, NIDN |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |