FAHRAINI REZA SIREGAR (2022) PENGARUH RESPON MAHASISWA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PAI UMY PADA MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (508kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Bab I.pdf
Download (51kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui respon mahasiswa PAI UMY tentang pembelajaran blended learning, (2) Untuk mengukur tingkat motivasi belajar mahasiswa PAI UMY, (3) Untuk menganalisis pengaruh respon mahasiswa tentang model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar mahasiswa PAI UMY di masa pandemi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif model regresi. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Angkatan 2019. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan uji skala likert. Setelah data diperoleh dilakukan analisis data dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Respon mahasiswa PAI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tentang pembelajaran blended learning positif, dimensi tertinggi dari respon mahasiswa tentang blended learning adalah kolaborasi. 2) Mahasiswa PAI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2019 memiliki tingkat motivasi belajar yang sedang, yaitu sebesar 65%, dimensi tertinggi dari motivasi belajar adalah terdapat tekad dan dorongan untuk berhasil. Dan yang terendah adalah dimensi adanya aktifitas menarik dalam belajar. Oleh karena itu perlu mengevaluasi mengenai aktivitas dalam belajar, agar tidak monoton dan membosankan. 3) Terdapat pengaruh dari respon mahasiswa tentang model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar mahasiswa PAI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2019 dengan nilai signifikansi 0.009 < 0.05. Blended learning mempengaruhi motivasi belajar sebesar 16,7% dengan nilai (R Square) sebesar 0.167.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BLENDED LEARNING, MOTIVASI BELAJAR, MAHASISWA BLENDED LEARNING, LEARNING MOTIVATION, STUDENT |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:51 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34481 |