MUHAMMAD LUQMAN EFFENDI (2022) TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PENGHIMPUNAN DANA MELALUI INSTAGRAM OLEH LAZISMU UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (617kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Bab I.pdf
Download (427kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Potensi zakat, infak, dan sedekah di Indonesia belum dikelola dengan maksimal, terbukti dengan adanya data dari Menko PMK yang menyatakan bahwa potensi zakat hanya sekitar 21,7 % saja yang sudah ditunaikan. Lembaga Amil Zakat (LAZ) perlu memaksimalkan potensi zakat tersebut melalui pengoptimalan penghimpunan dana, khususnya penghimpunan dana dalam jaringan. Lazismu Umbulharjo dianggap sebagai LAZ yang mampu dan kredibel dijadikan sebagai subjek penelitian karena banyak penghargaan dan keberhasilan yang telah diraih. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi teknik komunikasi persuasif penghimpunan dana dalam jaringan yang dilakukan oleh Lazismu Umbulharjo dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dengan teori Aristoteles, berfokus pada unggahan pesan ajakan di media sosial instagram tahun 2021. Berdasarkan analisis, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Lazismu Umbulharjo menggunakan teknik logos, pathos dan ethos yang dipengaruhi oleh unsur komunikasinya sendiri yaitu komunikator dan pesannya. Teknik persuasif dominan dan berhasil meningkatkan hasil penghimpunan dananya ialah teknik logos.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSUASIVE COMMUNICATION TECHNIQUES, FUNDRAISING, INSTAGRAM, LAZISMU |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:50 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34510 |