TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PENGHIMPUNAN DANA MELALUI INSTAGRAM OLEH LAZISMU UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

MUHAMMAD LUQMAN EFFENDI (2022) TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PENGHIMPUNAN DANA MELALUI INSTAGRAM OLEH LAZISMU UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Potensi zakat, infak, dan sedekah di Indonesia belum dikelola dengan maksimal, terbukti dengan adanya data dari Menko PMK yang menyatakan bahwa potensi zakat hanya sekitar 21,7 % saja yang sudah ditunaikan. Lembaga Amil Zakat (LAZ) perlu memaksimalkan potensi zakat tersebut melalui pengoptimalan penghimpunan dana, khususnya penghimpunan dana dalam jaringan. Lazismu Umbulharjo dianggap sebagai LAZ yang mampu dan kredibel dijadikan sebagai subjek penelitian karena banyak penghargaan dan keberhasilan yang telah diraih. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi teknik komunikasi persuasif penghimpunan dana dalam jaringan yang dilakukan oleh Lazismu Umbulharjo dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dengan teori Aristoteles, berfokus pada unggahan pesan ajakan di media sosial instagram tahun 2021. Berdasarkan analisis, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Lazismu Umbulharjo menggunakan teknik logos, pathos dan ethos yang dipengaruhi oleh unsur komunikasinya sendiri yaitu komunikator dan pesannya. Teknik persuasif dominan dan berhasil meningkatkan hasil penghimpunan dananya ialah teknik logos.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERSUASIVE COMMUNICATION TECHNIQUES, FUNDRAISING, INSTAGRAM, LAZISMU
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:50
Last Modified: 01 Sep 2022 03:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34510

Actions (login required)

View Item
View Item