RETNO AYU SAFITRI (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (541kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab I.pdf
Download (164kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (526kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Religiusitas dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah” dilatarbelakangi oleh perlunya kecerdasan emosional dimiliki dan dikembangkan oleh manusia. Namun, pada realitanya dalam kehidupan sehari-hari masih banyak remaja/mahasiswa yang tidak stabil dalam kecerdasan emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur religiusitas, dukungan teman sebaya, dan kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah, serta untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan dukungan teman sebaya terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (Mix Method). Populasi meliputi seluruh mahasiswa/i PUTM, yang berjumlah 164 mahasiswa/i. Jenis sampel menggunakan proportionate sampling random dengan rumus Slovin menghasilkan 62 responden. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, dengan pembuktian hipotesis menggunakan Uji F dan Uji t serta triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mahasiswa/i PUTM dengan memiliki tingkat religiusitas dengan kategori tinggi sebesar 98.4%. Beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya ilmu agama pelaksanakan program atau praktik ibadah di asrama. Peraturan dan program asrama tersebut senantiasa menjadi pembiasaan dan pendisiplinan terutama dalam hal praktik ibadah. Dampaknya, pembiasaan tersebut tertanam pada jiwa mahasiswa/i dan menjadi sesuatu yang sulit untuk ditinggalkan. 2) Mahasiswa/i PUTM memiliki dukungan teman sebaya pada tingkat kategori tinggi sebesar 80.6%. Artinya terdapat support, dorongan, dan motivasi yang diberikan oleh teman sebayanya. 3). Mahasiswa/i PUTM memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, yaitu 66.1%. Mahasiswa/i PUTM mampu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, hingga sampai pada puncak kecerdasan emosional yakni mampu dalam membina hubungan dengan orang lain. 4) Religiusitas dan dukungan teman sebaya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional mahasiswa/i PUTM dengan persentase 64.7%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RELIGIOSITY, PEER SUPPORT, EMOTIONAL INTELLIGENCE, STUDENT. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 09:54 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 09:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34527 |