AZI FERDYANSAH (2022) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (335kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Bab I.pdf
Download (106kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (708kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan merupakan kelanjutan pendidikan dari orang tua atau keluarga lembaga pendidikan yang paling mendasar dan pertama pada anak anak merupakan pendidikan orang tua atau keluarga itu. Maka diperlukan pola asuh yang tepat supaya anak dapat berkembang dengan baik. Maksud dari pola asuh yang dilakukan secara terpadu adalah pola asuh yang dikerjakan secara bersama-sama oleh kedua orang tua, tidak ada perbedaan sikap antara ayah dan ibu. Terlebih untuk usia sekolah dasar dimana pada masa anak-anak yang masih butuh banyak perhatian. Maka sebagai orang tua hendaklah memberikan bimbingan serta binaan atau pola asuh yang tepat karena anak pada masa ini sangat membutuhkan motivasi dalam belajar. Agar anak tumbuh dengan kelebihan yang dia punya dan bisa membanggakan orang tua ketika sudah beranjak dewasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara orang tua untuk memotivasi belajar anak di SDN 1 Kaliunjar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam memotivasi belajar anak di SDN 1 Kaliunjar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu proses pemahaman berdasarkan fenomena atau masalah yang dialami oleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang diambil dari penelitian ini yaitu 3 wali murid dan 3 anak dari SDN 1 Kaliunjar yang berguna untuk uji kredibelitas data dengan menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian 1) Sebagian besar orang tua mempunyai cara tersendiri untuk mengembangkan potensi belajar peserta didik yaitu seperti; Pendidikan spiritual, pemberian hadiah atau reward, memberikan jadwal yang konsisten, dan motivasi. 2) Faktor pendukung dari motivasi belajar yaitu hadiah atau imbalan, handphone, alat tulis dan buku, support sistem, guru privat. Sedangkan faktor penghambat yaitu; kurangnya semangat dan manajemen waktu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PARENTING, PARENTS, LEARNING MOTIVATION |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 09:54 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 09:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34528 |