GHULAM A. HAMLAN RIZKA (2022) KONTRUKSI PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PEMBENTUKAN AKHLAK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (311kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (878kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab I.pdf
Download (133kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui isi kitab Ayyuha> Al-Walad karya Al-Ghaza>li terkait dengan pendidikan akhlak, (2) Untuk mengetahui isi kitab Ihya>’ Ulu>muddi>n karya Al-Ghaza>li terkait dengan pendidikan akhlak (3) Untuk menemukan kontruksi pemikiran Al-Ghaza>li tentang metode pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak, (4) Untuk mengetahui hasil konstektualisasi pemikiran AlGhaza>li di era sekarang tentang metode pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ataupun penelitian kepustakaan (Library Research) yang di dalamnya mengambil dari sumber-sumber kepustakaan di antaranya ada jurnal, buku, artikel dan lain sebagainya. Sumber data yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu primernya kitab Ayyuha> Al-Walad dan kitab Ihya>’ Ulu>muddi>n Jilid II, III dan IV sedangkan sekundernya adalah sumbersumber yang diambil dari jurnal, buku ataupun karya ilmiah lainnya yang memiliki keterkaitan dengan judul besar penelitian. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, yaitu catatan peristiwa yang telah ada dan berbentuk gambar, tulisan ataupun karya-karya monumental dari seseorang. Analisis data penelitian ini menggunakan metode Deskriptif - Analitik, analisis konten atau content analysis. Metode berpikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah induktif yaitu berfikir dari hal-hal yang khusus diteruskan dengan menyimpulkan secara umumnya. Hasil dari penelitian ini dalam kitab Ayyuha> Al-Walad karya Al-Ghaza>li ini berisikan nasihat-nasihat beliau terhadap murid-muridnya, terfokus kepada pendidikan akhlak pada anak dan memberikan banyak sekali pelajaran dalam kehidupan. Ada sekitar 24 nasihat yang disampaikan oleh imam Al-Ghaza>li, sebagaimana telah dibahas. Dalam kitab Ihya>’ Ulu>muddi>n berisikan beberapa bab yang membahas tentang pembentukan akhlak, setidaknya ada 4 gambaran umum yang menjelaskan ke poin-poin yang banyak lainnya. Konstruksi pemikiran Al-Ghaza>li dalam pendidikan akhlak dalam dua kitab karya Al-Ghaza>li ini memberikan fokus terhadap beberapa hal, yaitu: (1) Nilai akhlak terhadap Allah swt. Di dalamnya memuat beberapa hal penting juga, yaitu: Bersungguh-sungguh dalam ibadah, bertakwa dan bertawakkal, ikhlas dan istiqomah, dan menghidupkan malam. (2) Nilai akhlak dalam belajar yang meliputi niat yang baik, sabar dan menggunakan waktu sebaik-baiknya, mengamalkan ilmu, menghormati guru dan bertanya jika itu butuh. (3) Nilai akhlak dalam mendidik yang meliputi menjadi tauladan baik, zuhud dan menjauhi kecintaan dunia, serta memberikan nasihat dan larangan. (4) Nilai akhlak dalam bersosialisai. Dan 4 nilai itu dikontekstualisasikan di era sekarang ini
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI: KONSTRUKSI PEMIKIRAN, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, AKHLAK KEYWORDS: CONSTRUCTION OF THOUGHT, ISLAMIC EDUCATION, MORALS |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 09:55 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 09:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34529 |