IVAN SUSANTO (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEISLAMAN DI SMA NEGERI 1 PRACIMANTORO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (620kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Bab I.pdf
Download (26kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (566kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Perbedaan agama, budaya, suku, dan latar belakang-sosial ekonomi menjadi salah satu penyebab terjadinya gesekan di masyarakat. Padahal perbedaan tersebut pada hakikatnya merupakan anugerah. Melalui pendidikan, keragaman tersebut dapat dikonversi menjadi sebuah kekuatan atau bisa disebut multikulturalisme. Di SMA Negeri 1 Pracimantoro, guru PAI minim sekali mengajarkan nilai pendidikan multikultural, guru hanya menggunakan waktu tatap muka sebagai sarana utama dalam menerapkan pendidikan multikultural. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk mencari tahu bagaimana strategi guru PAI di dalam menerapkan pendidikan multikultural berbasis keIslaman di SMA Negeri 1 Pracimantoro. Penelitian ini, bertujuan untuk: (1) mengetahui keragaman (2) mengetahui strategi guru dalam menerapkan pendidikan multikultural, dan (3) mengetahui faktor pendukung serta penghambat guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Pracimantoro. Untuk bisa mencari tahu hal-hal tersebut, peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan pencarian data menggunakan observasi, wawancara dengan 7 orang partisipan, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan cara menelaah data yang terkumpul, mereduksi data, pengkodingan, penyusunan berdasarkan tema, dan kemudian pemeriksaan keabsahan data. Setelah melakukan penelitian, peneliti mendapatkan hasil: 1) Keragaman yang ada di SMA Negeri 1 Pracimantoro cukup kompleks. Ada beberapa agama, perbedaan latar belakang sosial-ekonomi, suku, serta faham organisasi Islam. 2) Strategi yang digunakan guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural berbasis keIslaman adalah: a) menanamkan sikap toleransi. b) penyelarasan dengan regulasi (tatharuf). c) memberikan uswatun hasanah, d) tidak diskriminatif, dan, e) menjadikan ROHIS sebagai media pemupuk semangat toleransi. 3) Faktor yang mendukung strategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural, yaitu: sikap guru, sarana keagamaan yang mendukung, kolaborasi guru, kultur sekolah, dan letak sekolah yang strategis. Sedangkan hal yang menghambat guru dalam menerapkan pendidikan multikultural adalah komunikasi guru yang kurang, pandemi covid, arus informasi, dan lingkungan belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI TEACHER, EDUCATION, MULTICULTURAL |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 09:39 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 09:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34566 |