Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Clinical Reasoning Pada Mahasiswa SI Keperawatan STIKES Wira Husada Yogyakarta

Mulyati Tahisa (2021) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Clinical Reasoning Pada Mahasiswa SI Keperawatan STIKES Wira Husada Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Introduction: Problem Based Learning (PBL) merupakan cara belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pecarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Metode pembelajaran ini kemudian dianggap mampu mengembangkan keterampilan pada proses penalaran klinis (clinical reasoning) pada mahasiswa serta dapat meningkatkan critical thinking dan berpikir kreatif.
Method: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian pre-test dan post-test Control Group Design. Desain penelitian dengan jumlah responden sebanyak 60 mahasiswa. menggunakan teknik non probability sampling, instrumen yang digunakan adalah metode pembelajaran PBL tutorial Seven Jump, kuesioner pengetahuan clinical reasoning dan kuesioner Metacognitive Awareness Inventory (MAI).

Results: Hasil uji Beda pada pengetahuan clinical reasoning kelompok eksperimen mempunyai perbedaan yang signifika nilai p= 0.000 < 0 xss=removed xss=removed p=0,012 xss=removed p=0.000>
Conclusion: Terdapat pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pengetahuan penalaran klinis dan metakognisi mahasiswa keperawatan. Penalaran klinis merupakan komponen utama dalam pendidikan keperawatan. Perawat yang tidak memiliki penalaran klinis yang baik dapat mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan keputusan pada perawatan pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:26
Last Modified: 11 Oct 2021 03:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item
View Item