EKA HESTI WAHYUNI (2022) STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH READING COMPREHENSION AT A SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (183kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Bab I.pdf
Download (98kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (656kB)
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Inggris, ada empat keterampilan yang harus dikuasai siswa; ada berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis. Salah satu keterampilan yang penting untuk dipelajari siswa Sekolah Menengah Atas dalam bahasa Inggris adalah pemahaman bacaan. Siswa tidak hanya bermasalah dengan waktu, tetapi siswa juga harus mengetahui tujuan membaca. Ada begitu banyak strategi untuk belajar membaca pemahaman dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran membaca pemahaman yang efektif dan kurang efektif di Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode dengan pendekatan penelitian kualitatif yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dari enam guru bahasa Inggris SMA di Yogyakarta. Temuan pertama dari penelitian ini adalah bahwa ada banyak strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk mengajar membaca dalam bahasa Inggris. Guru meminta siswa menganalisis kosakata baru, meminta siswa menjawab pertanyaan, menggunakan membaca nyaring, menggunakan diskusi berpasangan, menggunakan diskusi kelompok, dan meminta siswa membaca sekilas teks. Selain temuan kedua, strategi pembelajaran efektif yang digunakan guru untuk mengajarkan pemahaman membaca adalah meminta siswa menjawab pertanyaan, menggunakan diskusi berpasangan, dan meminta siswa untuk membaca sekilas teks. Tidak hanya itu, temuan tersebut juga menunjukkan bahwa strategi pembelajaran membaca yang kurang efektif digunakan dalam pembelajaran membaca nyaring dan diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | READING COMPREHENSION, EFFECTIVE STRATEGIES, LESS EFFECTIVE STRATEGIES, TEACHING ENGLISH. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 06:06 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 06:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34825 |