ARI KUSUMA WARDANI (2022) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @INFO.BARKASJOGJA TERHADAP MINAT BERBELANJA BARANG BEKAS PADA FOLLOWERS DI ERA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (323kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (875kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (736kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Instagram adalah salah satu media sosial populer yang digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya. Akun instagram @info.barkasjogja merupakan satu dari sekian banyak akuntempat orang mencari informasi seputar barang bekas. Penelitian ini menggunkana teori media exposure. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh terpaan media sosial instagram @info.barkasjogja dengan minat membeli barang bekas di era pandemi covid-19. Sampel yang diambil sebanyak 400 responden dari followers @info.barkasjogja yang terdiri dari 189 perempuan dan 211 laki-laki, dengan usia paling banyak 21- 25 tahun menjadi tertinggi sebanyak 155 responden. Sampel yang diambil menggunakan teknik accidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data pada penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 26. Berdasarkan hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa intensitas mengakses media sosial Instagram @info.barkasjogja terhadap minat berkunjung berpengaruh. Dibuktikan dengan nilai koefisien regresi pada penelitian ini adalah Y = 11,870 + 0,433X. Bilangan konstanta sebesar 11,870 dan koefisien variabel nilai media sosial sebesar 0,433, dengan tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil dari a = 0,05. Berdasarkan tabel ”Model Summary” memperlihatkan bahwa nilai R= 0,421 dan koefisien determinasi (R square) adalah sebesar 0.178 angka tersebut menunjukkan bahwa pengaruh variabel instagram terhadap minat membelisebesar 17,8%. Media sosial instagram berpengaruh terhadap minat berkunjung, dan besarnya pengaruh dengan kategori “sangat lemah”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INTENSITAS, INSTAGRAM, MINAT MEMBELI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 03:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 03:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35183 |