AN ANALYSIS OF TED TALKS VIDEO TO IMPROVE LISTENING SKILLS

ALIFAH GITA NIRMALA (2022) AN ANALYSIS OF TED TALKS VIDEO TO IMPROVE LISTENING SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SEBAGAI SALAH SATU DARI EMPAT KETERAMPILAN BERBAHASA, MENYIMAK MERUPAKAN KETERAMPILAN PENTING YANG HARUS DIKUASAI SISWA AGAR MAHIR DALAM MEMPELAJARI BAHASA. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI APAKAH PENGGUNAAN VIDEO TED TALK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN DESAIN PRE-EXPERIMENTAL DESIGN, ONE GROUP PRE-TEST, DAN POST-TEST. PARTISIPAN DARI PENELITIAN INI ADALAH 31 MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS ISLAM SWASTA YOGYAKARTA SEMESTER 2 ANGKATAN 2021. DALAM PENGUMPULAN DATA DILAKUKAN PRE-TEST UNTUK MENGETAHUI TINGKAT LISTENING SISWA. SETELAH MENDAPATKAN HASIL PRE-TEST, PENELITI MELAKUKAN TREATMENT BERUPA PENGGUNAAN VIDEO TED TALKS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA. PERLAKUAN INI DILAKUKAN SEBANYAK EMPAT KALI. DALAM SETIAP PERTEMUAN, SISWA DIMINTA UNTUK MENONTON VIDEO DAN MELAKUKAN KUIS YANG BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI APAKAH SISWA MEMAHAMI ISI VIDEO TERSEBUT. SETELAH EMPAT KALI PERTEMUAN, PENELITI MELAKUKAN POST-TEST YANG BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI APAKAH ADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SETELAH DIBERIKAN PERLAKUAN. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN RATA-RATA NILAI PRE-TEST ADALAH 8,94, DAN RATA-RATA UNTUK POST-TEST ADALAH 12,52. UNTUK MENGETAHUI PENGARUH VIDEO TED TALK TERHADAP KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA, UJI T INDEPENDEN MENUNJUKKAN NILAI SIGNIFIKANSI 0,031 YANG MENUNJUKKAN BAHWA ADA PERBEDAAN YANG SIGNIFIKAN DALAM KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA SETELAH PERLAKUAN. KESIMPULANNYA, PENGGUNAAN VIDEO TED TALKS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA. TERBUKTI TERJADI PERUBAHAN KADAR SEBELUM DAN SESUDAH PERLAKUAN.
KATA KUNCI: KETERAMPILAN MENDENGARKAN, VIDEO TED TALK, TREATMENT, PENGAJARAN, RUANG KELAS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LISTENING SKILLS, TED TALK VIDEO, TREATMENT, TEACHING, CLASSROOM
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:13
Last Modified: 30 Nov 2022 02:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35222

Actions (login required)

View Item
View Item