ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI TRAVELOKA MENGGUNAKAN METODE MACHINE LEARNING

RAYKA AGUSTASYA RIPHA (2022) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI TRAVELOKA MENGGUNAKAN METODE MACHINE LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia sangat berkembang pesat, melalui e-commerce memungkinkan pengguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital. Sebagai platform popular, Traveloka digunakan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat. Traveloka merupakan salah satu perusahaan teknologi yang menyediakan akses bagi pengguna untuk menemukan dan membeli berbagai macam produk transportasi, akomodasi, aktivitas, gaya hidup, dan layanan keuangan. Dengan adanya layanan daring ini memudahkan masyarakat memperoleh tiket atau layanan transportasi secara mudah dan cepat. Hal tersebut mendorong dilakukannya penelitian ini guna mengetahui performa layanan berdasarkan ulasan pengguna aplikasi Traveloka. Untuk mengidentifikasi ulasan pengguna mengenai aplikasi Traveloka dibutuhkan analisis sentimen dengan menggunakan sebuah algoritma yang bertujuan untuk membantu proses analisis sentimen dengan data yang cukup banyak. Dalam penelitian ini proses sentimen menggunakan salah satu metode machine learning yang mengkomparasikan ketiga metode Naïve Bayes, Support Vector Machine dan K-Nearest Neighbor. Hasil evaluasi dari penelitian ini memperoleh hasil bahwa metode naïve bayes sebesar 69.60%, support vector machine sebesar 82.90% dengan penentuan parameter libsvm dan k-nearest neighbor sebesar 76.62% dengan penentuan k serta parameter k-fold cross validation dan shuffled sampling

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:12
Last Modified: 30 Nov 2022 02:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35225

Actions (login required)

View Item
View Item