Synchronous and Asynchronous E-Learning Implementation at Senior High School Level: Teachers’ View

CICI UMMY SAYIFA (2022) Synchronous and Asynchronous E-Learning Implementation at Senior High School Level: Teachers’ View. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGGUNAAN INTERNET SERING DIGUNAKAN DALAM KEHIDUPAN, DAN SEKARANG PENDIDIKAN PERLU MELAKUKAN ADAPTASI DARI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL KE PEMBELAJARAN ELEKTRONIK (E-LEARNING). METODOLOGI PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON DIGUNAKAN DALAM E-LEARNING. PELAKSANAAN SINKRON DAN ASINKRON DIPENGARUHI OLEH BEBERAPA FAKTOR, TERMASUK PENDAPAT GURU. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI APA PENDAPAT GURU SMA DAN MASALAH APA YANG DIHADAPI GURU DALAM MENERAPKAN E-LEARNING SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS. PENELITI MENGGUNAKAN DESAIN WAWANCARA MENDALAM DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN PENELITIAN. PARTISIPAN DARI PENELITIAN INI ADALAH LIMA GURU BAHASA INDONESIA EFL YANG MENGAJAR BAHASA INGGRIS DI DUA SMA DI YOGYAKARTA. PENELITI MENGUMPULKAN DATA MENGGUNAKAN WAWANCARA UNTUK MENGGALI INFORMASI LEBIH DETAIL TENTANG PENDAPAT GURU TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON. TEMUAN MENUNJUKKAN BAHWA GURU MEMILIKI PENDAPAT TENTANG PENERAPAN E-LEARNING SINKRON DAN ASINKRON DAN MASALAH APA YANG DIHADAPI GURU. SEMUA PENDAPAT PESERTA MENUNJUKKAN BAHWA SYNCHRONOUS LEARNING ADALAH PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG REAL-TIME, DAN ASYNCHRONOUS TIDAK REAL-TIME. OLEH KARENA ITU PENELITI MENEMUKAN EMPAT KATEGORI PENDAPAT GURU TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SINKRON, YAITU (1) PEMBELAJARAN SINKRON ADALAH KEGIATAN PEMBELAJARAN SECARA LANGSUNG ATAU REAL TIME DENGAN MENGGUNAKAN GADGET, (2) PEMBELAJARAN SINKRON DAPAT DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM VIDEO CONFERENCE, (3 ) PEMBELAJARAN SINKRON MEMUDAHKAN PEMAHAMAN SISWA, (4) PEMBELAJARAN SINKRON MEMUNGKINKAN GURU MEMANTAU AKTIVITAS SISWA. EMPAT KATEGORI PENDAPAT GURU TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ASINKRON, YAITU (1) PEMBELAJARAN ASINKRON MERUPAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG LEBIH FLEKSIBEL, (2) PEMBELAJARAN ASINKRON DAPAT DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS), (3) DUKUNGAN PEMBELAJARAN ASINKRON PEMBELAJARAN SISWA LEBIH FLEKSIBEL, (4) PEMBELAJARAN ASINKRON MEMUNGKINKAN GURU MELAKUKAN AKTIVITAS LAIN.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:51
Last Modified: 30 Nov 2022 02:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35232

Actions (login required)

View Item
View Item