PORTING POLISH DAN MODIFIKASI PROFIL CAMSHAFT YAMAHA JUPITER Z1

RIFKI DWI FEBRIANDANI (2022) PORTING POLISH DAN MODIFIKASI PROFIL CAMSHAFT YAMAHA JUPITER Z1. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini akan dilakukan proses modifikasi pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z1 untuk keperluan road race. Untuk memenuhi kebutuhan motor road race, maka motor Jupiter Z1 standar saja belum cukup. Modifikasi pada bagian tertentu dapat meningkatkan akselerasi yang dibutuhkan untuk road race, oleh karena itu perlu adanya modifikasi. Dalam tahapan ini akan melakukan beberapa modifikasi yaitu porting polish cylinder head dan modifikasi camshaft. Untuk mencari data akan dilakukan pengujian dyno test yang menghasilkan daya maksimum dan torsi maksimum. Modifikasi dilakukan dengan merubah durasi lobe separation angle (LSA) dan tinggi lift pada camshaft, dimana LSA pada camshaft standar yaitu 112,5° serta tinggi lift katup in dan ex sebesar 4 mm yang akan dibandingkan dengan camshaft standar modifikasi. Pada camshaft standar modifikasi memiliki lobe separation angle (LSA) sebesar 105° serta tinggi lift katup in dan ex sebesar 5 mm. Proses modifikasi porting pada cylinder head dengan hasil 24,35 mm pada lubang in, 21,10 mm pada lubang ex dan mengunakan pegas katup racing yang mempunyai ketebalan 23 mm. Modifikasi papas camshaft dengan base circle in dan ex 26 mm, sedangkan pada tinggi bubungan in dan ex yaitu 30,50 mm. Setelah dilakukan modifikasi terdapat hasil dynotest dan terjadi kenaikan daya pada mesin dari 9,5 HP pada 8.082 rpm menjadi 12,6 HP pada 8.738 rpm. Untuk torsi maksimum juga mengalami kenaikan dari 9,65 N.m pada 5.976 rpm menjadi 11,73 N.m pada 7.004 rpm.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: JUPITER Z1 MOTORCYCLE, PORTING POLISH, CYLINDER HEAD, CAMSHAFT
Divisions: Program Vokasi > Teknologi Mesin D3
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:28
Last Modified: 11 Nov 2024 03:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35288

Actions (login required)

View Item
View Item