STRENGTHENING MEDIA LITERACY THROUGH EDUCATIONAL RADIO AT MUHAMMADIYAH PIYUNGAN HIGH SCHOOL

DHEA OCTIYANDRI (2022) STRENGTHENING MEDIA LITERACY THROUGH EDUCATIONAL RADIO AT MUHAMMADIYAH PIYUNGAN HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

LITERASI MEDIA ADALAH KEMAMPUAN UNTUK MENGETAHUI BERBAGAI BENTUK MEDIA YANG BERBEDA DAN MEMAHAMI TUJUAN PENGGUNAANNYA. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGANALISIS PENGUATAN LITERASI MEDIA MELALUI RADIO PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH PIYUNGAN DAN UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN RADIO PENDIDIKAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE DESKRIPTIF KUALITATIF. TEKNIK PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN ADALAH OBSERVASI DAN WAWANCARA. ADA TIGA JENIS TEKNIK ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN, YAITU REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA, DAN PENARIKAN KESIMPULAN. BERDASARKAN HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA PEMAHAMAN LITERASI MEDIA SISWA SMA MUHAMMADIYAH PIYUNGAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN RADIO PENDIDIKAN MASIH BELUM OPTIMAL. TIDAK HANYA DARI SEGI TEKNIS YANG BELUM MAKSIMAL TETAPI, MENGANALISIS INFORMASI YANG DIPEROLEH, MENGEVALUASI, MENCIPTAKAN ATAU MEMAHAMI KONTEN YANG DIBUAT, SERTA GURU YANG BELUM MAKSIMAL, KARENA TIDAK ADA GURU YANG AHLI DI BIDANG RADIO. SEHINGGA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH PIYUNGAN BELAJAR SECARA MANDIRI. KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA DALAM MEMBUAT KONTEN DAN MEMAHAMI ISI NASKAH DIKARENAKAN KETERBATASAN PENGETAHUAN MAHASISWA. KENDALA SELANJUTNYA ADALAH SMA MUHAMMADIYAH PIYUNGAN BELUM MEMILIKI ASISTEN ATAU GURU KHUSUS YANG MEMAHAMI RADIO PENDIDIKAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. SELAIN ITU, SMA MUHAMMADIYAH PIYUNGAN BELUM MEMILIKI ROLE MODEL YANG DAPAT DIJADIKAN CONTOH PEMBELAJARAN, SEHINGGA MEMBUAT SISWA LAMBAT DALAM MEMAHAMI RADIO PENDIDIKAN INI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SMA Muhammadiyah Piyungan, Literasi Media, Radio Edukasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 14 Nov 2024 04:05
Last Modified: 14 Nov 2024 04:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35376

Actions (login required)

View Item
View Item