RR VIANTIKA KUSUMASARI PENGARUH PENERAPAN PRECEPTORSHIP MODEL TERHADAP KOMPETENSI DAN PERFORMANCE MAHASISWA PROFESI NERS STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA : COPA MODEL APPROACH (COMPETENCY OUTCOME AND PERFORMANCE ASSESSMENT). S2 thesis, UNSPECIFIED.
1. COVER.pdf
Download (82kB)
2. HALAMAN JUDUL.pdf
Download (283kB)
3. HALAMAN PENGESAHAN NASPUB.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
3. HALAMAN PENGESAHAN TESIS.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
4. ABSTRACT.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
5. BAB 1.pdf
Download (150kB)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
13. Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Abstract
Latar Belakang : Pembelajaran klinik yang kurang mendukung akan berdampak terhadap kompetensi dan performance mahasiswa keperawatan. Uji kompetensi Ners Indonesia menunjukkan hasil yang belum maksimal, data kelulusan bulan Juni dan November 2014 yaitu 57,81% dan 46,20%. Model pembelajaran preceptorship merupakan salah satu model pembelajaran klinik yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi dan performance mahasiswa keperawatan. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh penerapan preceptorship model terhadap kompetensi dan performance mahasiswa profesi ners STIKes Surya Global Yogyakarta dengan pendekatan COPA model. Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan desain “Quasy experimental post test-only with control group” dan survey deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Responden kelompok intervensi 56 mahasiswa keperawatan dan kelompok kontrol 28 mahasiswa keperawatan. Instrumen penelitian yaitu lembar penilaian yang dikembangkan dari COPA model dan lembar pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji independent t-test. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan kompetensi dan performance mahasiswa keperawatan pada kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok intervensi 88,18+4,94 sedangkan kelompok kontrol 73,21+5,46. Selisih nilai rata-rata tertinggi item penilaian COPA model pada humanistic caring and relationship skills 17,00 dan terendah pada teaching skills 14,28. Kesimpulan : Ada pengaruh penerapan preceptorship model terhadap kompetensi dan performance mahasiswa profesi ners STIKes Surya Global Yogyakarta dengan pendekatan COPA model.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 01:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 01:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35412 |