TRI RAHMA DWI SASMITA (2022) KOMUNIKASI KRISIS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BANTUL DALAM PENANGANAN KASUS PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Bab I.pdf
Download (670kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
COVID-19 merupakan suatu krisis bencana alam yang muncul sejak akhir tahun 2019. Bantul termasuk Kabupaten yang tak luput dari COVID-19. Komunikasi krisis adalah sebuah komunikasi yang menjadi penentu apakah sebuah instansi mampu menangani krisis yang terjadi dengan baik. Peran media sosial menjadi penting bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul karena adanya pembatasan sosial. Keberlimpahan informasi saat pandemi COVID-19 perlu dikelola dengan baik melalui informasi yang positif dan terpercaya. Hal ini menjadi tantangan bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul dalam membangun hubungan baik dengan media ditengah pandemi COVID-19. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis komunikasi krisis yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul dalam penanganan kasus COVID-19 pada Juli-Desember 2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul sudah mampu mengkomunikasikan krisis dengan baik. Komunikasi Krisis dilakukan dengan membuat aplikasi Pantauan COVID-19 Bantul atau disebut juga dengan “PANCOBAN” yang berfungsi untuk mempermudah dalam memetakan dan mencegah penyebaran COVID-19. Dalam “PANCOBAN” terdapat beberapa menu untuk pelaku perjalanan yang akan datang ke Bantul dan juga pendataan kegiatan masyarakat Kabupaten Bantul. Diskominfo Kabupaten Bantul juga memanfaatkan media sosial dan juga media massa dalam mengkomunikasikan krisis. Media sosial yang digunakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul diantaranya adalah Instagram @pemkabbantul, Facebook Pemkab Bantul, dan juga YouTube dengan nama channel BantulTV. Sedangkan media massa yang digunakan diantaranya adalah pemasangan baliho disetiap Kemantren dan pemasangan videotron.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEYWORDS: BANTUL REGENCY COMMUNICATION AND INFORMATION OFFICE, CRISIS COMMUNICATION, COVID-19 PANDEMIC |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 06:02 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 06:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35429 |