MUHAMMAD NIZAR ALDI SAPUTRA (2022) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH KRAMATSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (829kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Bab I.pdf
Download (86kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengukur tingkat dukungan orang tua siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Kramatsari, (2) Untuk mengetahui metode mengajar guru siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Kramatsari, (3) Untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Kramatsari, (4) Untuk mengetahui dan mengukur tingkat pengaruh dukungan orang tua dan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Kramatsari tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif model regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Kramatsari tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu ditentukan dengan teknik sampel total, sebanyak 25 siswa dari sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket dengan uji skala likert yang disebar kepada responden. Analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan orang tua dan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Kramatsari tahun ajaran 2022/2023. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,01 yang berarti terdapat pengaruh signifikan dengan koefisien determinasi (R Square) 0,461 atau 46,1% yang artinya mempengaruhi sebesar 46,1%, tingkat dukungan orang tua berkategori tinggi sebesar 56% dengan dimensi tertinggi adalah dukungan emosional sebesar 35%, metode mengajar guru berkategori sedang sebesar 52% dengan dimensi tertinggi adalah metode ceramah, dan tingkat motivasi belajar berkategori tinggi sebesar 56% dengan dimensi tertinggi adalah dorongan kebutuhan untuk belajar sebesar 29%. Adapun 53,9% lainnya dipengaruhi oleh unsur selain dukungan orang tua dan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parents’ Support, Teaching Method, Learning Motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 09:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35568 |