EVALUASI PELAKSANAAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN SESUAI AKREDITASI RUMAH SAKIT VERSI 2012 DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

TOTOK SUNDORO EVALUASI PELAKSANAAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN SESUAI AKREDITASI RUMAH SAKIT VERSI 2012 DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of COVER_KT PENGANTAR_DAFTAR ISI_DLL.docx] Text
COVER_KT PENGANTAR_DAFTAR ISI_DLL.docx

Download (229kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.doc] Text
Halaman Pengesahan.doc
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I.doc] Text
Bab I.doc

Download (57kB)
[thumbnail of BAB II 17jan13.docx] Text
BAB II 17jan13.docx
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of BAB III edit_2.doc] Text
BAB III edit_2.doc
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of BAB IV (Hasil Penelitian)_edit_bu elsye.doc] Text
BAB IV (Hasil Penelitian)_edit_bu elsye.doc
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA 1.doc] Text
DAFTAR PUSTAKA 1.doc
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Latar belakang: Pengukuran mutu rumah sakit diawali dengan akreditasi rumah sakit versi 2007. Regulasi Pemerintah yang mengatur persyaratan teknis akreditasi rumah sakit terdapat dalam Undang-Undang No. 44 tahun 2009 pasal 40 dan Keputusan Dirjen BUK Nomor HK. 02.04/I/2790/11 tentang standar akreditasi rumah sakit. Setelah mendapatkan izin operasional harus diregistrasi dan diakreditasi. Pelaksanaan sasaran keselamatan pasien RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede masih belum dilaksanakan dengan sempurna. Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran (kebijakan, implementasi, hambatan, rekomendasi) tentang pemenuhan upaya sasaran keselamatan pasien di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta. Metode: Penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah manajemen rumah sakit, staf pelaksana rumah sakit dan pasien. Objek Penelitian adalah Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit Dalam Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil: Kebijakan pelaksanaan 6 sasaran keselamatan pasien belum sepenuhnya dibuat, Implementasi sasaran keselamatan pasien di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede belum dilakukan penuh dengan skor 21,55%. Kendala yang dihadapi petugas/staf dalam pelaksanaan adalah masih ada yang kurangnya pemahaman terhadap standar, tidak mengetahui aturan, belum ada sosialisasi/sosialisasi kurang, motivasi yang kurang dan kurangnya dukungan dari pihak manajemen. Kesimpulan: Kebijakan dan implementasi pelaksanaan untuk 6 sasaran keselamatan pasien belum sepenuhnya dibuat dan belum dilaksanakan dengan baik karena masih ada yang tidak mematuhi standar, tidak mengetahui aturan, sosialisasi dan motivasi yang kurang serta tidak ada dukungan manajemen. Rekomendasi yang perlu dilakukan adalah manajemen rumah sakit perlu menyusun arah kebijakan dan yang dilengkapi dengan pentahapan sebagai panduan untuk sasaran keselamatan pasien di rumah sakit.

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:47
Last Modified: 12 Dec 2022 07:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35679

Actions (login required)

View Item
View Item