PENERAPAN SEKOLAH DARING DI MASA COVID-19 UNTUK OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BELAJAR MEMBACA ANAK USIA DINI TKIT BINA INSANI

FIKRY BAGUS PRATAMA (2022) PENERAPAN SEKOLAH DARING DI MASA COVID-19 UNTUK OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BELAJAR MEMBACA ANAK USIA DINI TKIT BINA INSANI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan sekolah daring dalam optimalisasi perkembangan membaca anak usia dini dan untuk mengetahui hasil dari penerapan sekolah daring untuk optimalisasi perkembangan membaca anak usia dini TKIT Bina insani. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di TKIT Bina Insani. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini melibatkan 2 informan, 1 wali kelas TKIT Bina Insani kelas B3 dan 1 wali murid TKIT Bina Insani kelas B3. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, conclusion drawing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sekolah daring di masa covid-19 untuk optimalisasi perkembangan belajar membaca anak usia dini dengan cara penerapan sekolah daring untuk optimalisasi perkembangan dengan mengajar melalui whatsapp video call, melakukan home visit, dan melakukan metode belajar dengan lambang-lambang dan kartu huruf. Untuk penerapan sekolah daring dalam optimalisasi perkembangan membaca tidak efektif dibuktikan dengan terbatasnya jaringan internet dan terbatasnya waktu yang kurang kondusif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Online School, Covid-19, Lerning to Read, Early Childhood
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:52
Last Modified: 18 Dec 2023 06:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35811

Actions (login required)

View Item
View Item