ANANDA IBRAHIM (2022) ANALISIS KESELAMATAN DAN KEAMANAN FASILITAS OPERASI DI STASIUN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) DUKUH ATAS DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT AND DETERMING CONTROL (HIRADC). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (433kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Konektivitas antarmoda merupakan salah satu hal yang sedang dikembangkan oleh pemerintah DKI Jakarta dalam upaya mengurangi kemacetan dan kemudahan bagi pengguna transportasi umum di Jakarta. Stasiun MRT Dukuh Atas merupakan salah satu pusat stasiun yang terintegrasi lebih dari 2 moda yaitu Kereta Api Rel Listrik (KRL) pada stasiun Sudirman, KA Bandara pada stasiun BNI City, dan Bus Rapid Transit (BRT) pada halte Tosari. Stasiun MRT Dukuh Atas juga mengembangkan konsep kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD). Di dalam stasiun terdapat Fasilitas Operasi (Fasop) yang dimana Fasop sendiri merupakan segala fasilitas yang ada pada stasiun untuk operasional perkeretaapian di stasiun tersebut, dalam hal ini yaitu stasiun MRT Dukuh Atas. Dalam melakukan analisis pada stasiun MRT Dukuh Atas digunakan metode Hazard Indentification, Risk Assesment, and Determining Control (HIRADC). Pada proses Identifikasi Bahaya yang dilakukan saat survei di stasiun didapatkan 3 aspek lagi yang memungkinkan untuk di analisis selain keselamatan dan keamanan yaitu kenyamanan, konektivitas / TOD, dan emergency. Kemudian didapatkan nilai-nilai risikonya dari masing-masing aspek tersebut yang dimana saat sebelum dilakukan pengendalian didapatkan persentase nilai risiko low 37,1% dan high 62,9%, kemudian setelah dilakukan pengendalian didapatkan persentase nilai risiko low 92.7% dan moderate 7,3%.
| Dosen Pembimbing: | WIDYASMORO, S.T., M.ENG. and YUDHI ARDIYANTO, S.T., M.ENG. | NIDN0511058302, NIDN0528058201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | CONNECTIVITY, TOD, DUKUH ATAS MRT, HIRADC |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 18 Dec 2023 06:52 |
| Last Modified: | 18 Dec 2023 06:52 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
