LINGGA BUWONO JATI (2022) PERANCANGAN DESAIN UI DAN PROTOTYPE PADA APLIKASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DAN PRAKTIKNYA DALAM MODUL PEMBELAJARAN AL-QUR'AN UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Selama masa pandemi Covid-19 seluruh aktivitas masyarakat dituntut menggunakan sistem online, masyarakat khususnya pelajar, banyak yang mengeluhkan kesulitan ketika mengikuti kegiatan belajar-mengajar secara online tersebut, seperti pelajar mahasiswa UMY yang mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an online, mereka mengeluh kualitas jaringan yang buruk, yang menyebabkan terganggunya kelancaran video conference, selain itu mahasiwa juga mengatakan modul yang diberikan pihak kampus tidak dapat digunakan secara mandiri sedangkan mahasiswa juga mempunyai kendala pribadi dalam membaca Al-Qur’an. Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada kualitas pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukannya aplikasi pembelajaran (mobile learning) yang dapat membantu mahasiswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an tersebut. Sebelum aplikasi pembelajaran Al-Qur’an tersebut dikembangkan, diperlukan sebuah rancangan tampilan UI beserta prototype-nya. Tujuan merancang tampilan UI beserta prototype-nya tersebut agar memudahkan tim pengembang dalam tahap pembuatan aplikasi pembelajaran Al-Qur’an tersebut. Penelitian ini berfokus pada perancangan tampilan UI beserta prototype aplikasi pembelajaran Al-Qur’an dan praktikunya pada tahap high fidelity prototype. Untuk tercapainya tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan UCD, sedangkan dalam perancangannya menggunakan tools Miro untuk pembuatan Wireframe (low fidelity), dan Figma untuk pembuatan mockup (high fidelity prototype).
Dosen Pembimbing: | APRILIYA KURNIANTI, S.T., M.ENG. and ASEP SETIAWAN, S.TH.I.,M.UD | NIDN0518048401, NIDN0516058701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | COVID-19, MOBILE LEARNING, USER INTERFACE (UI), PROTOTYPING, WIREFRAME, HIGH FIDELITY |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 07:02 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 07:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |