ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA PADA PEMILIH PEMULA DALAM MENGHADAPI PEMILU 2024 DI KOTA YOGYAKARTA

AYU ADUM RAHMAWATI (2022) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA PADA PEMILIH PEMULA DALAM MENGHADAPI PEMILU 2024 DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (873kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) ADALAH SEBUAH PROVINSI DI INDONESIA YANG TERLETAK DI BAGIAN SELATAN PULAU JAWA DENGAN IBUKOTA YOGYAKARTA. KOTA YOGYAKARTA MERUPAKAN KOTA PELAJAR, YANG MANA TERDAPAT KURANG LEBIH 60 KAMPUS TERSEBAR DI AREA YOGYAKARTA. BANYAKNYA PEMUDA PEMUDI DI KOTA YOGYAKARTA YANG MENUNTUT ILMU MEMBUAT JUMLAH PEMUDA PEMUDI DI KOTA YOGYAKARTA BERTAMBAH. DENGAN BEGITU, DENGAN ADANYA STRATEGI KOMUNIKASI YANG TEPAT PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) DAPAT MERAIH AUDIENCE DAN SUARA YANG LEBIH BANYAK PADA SAAT PEMILU 2024 DI KOTA YOGYAKARTA.
SEBAGAI PARTAI YANG TERBILANG MASIH BARU INI, PADA PEMILU 2019 CALON LEGISLATIF PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA BERHASIL MENDAPATKAN SUARA SEBANYAK 47.469 SUARA WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. PENTINGNYA STRATEGI KOMUNIKASI DALAM POLITIK, AKAN MENDORONG ELEKTABILITAS DARI PADA SUATU PARTAI, DIMANA HAL INI AKAN MENJADI SESUATU YANG BAIK JIKA DI KELOLA DENGAN BAIK PULA. DENGAN BEGITU, PENTING BAGI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) UNTUK MENGKAJI, MENENTUKAN, DAN MENERAPKAN STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK YANG SESUAI DENGAN TARGETNYA YAITU REMAJA. PADA PEMILU SELANJUTNYA YANG AKAN DIADAKAN PADA 2024, PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) PARTAI YANG MENAUNGI ANAK MUDA HARUS LEBIH MEMFOKUSKAN KEMBALI AGAR PEMUDA PEMUDI DAPAT MEMILIH PSI SEBAGAI PARTAI PILIHANNYA
PENELITIAN INI DILAKUKAN UNTUK MENGETAHUI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK YANG AKAN DILAKUKAN PSI PADA PEMILU 2024 DI KOTA YOGYAKARTA. METODE PENELITIAN YANG DIGUNAKAN PADA PENELITIAN INI ADALAH DENGAN MELAKUKAN WAWANCARA KEPADA KETUA DAN PENGURUS YANG TERKAIT DI DPW PSI KOTA YOGYAKARTA.
DIKETAHUI HASIL PENELITIAN INI BAHWA PERSIAPAN STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PSI UNTUK PEMILU TAHUN 2024 LEBIH BAIK JIKA DIBANDINGKAN DENGAN PEMILU TAHUN 2019 SILAM TERUTAMA DALAM HAL KEMAJUAN INSFRASTRUKTUR KEPENGURUSAN DAN KADERISASI YANG LEBIH OPTIMAL SETELAH DIEVALUASI. DAAT INI PSI TIDAK LAGI MEMBERIKAN BATASAN UMUR BAGI PARTISIPAN POLITIKNYA WALAUPUN MASIH MEMFOKUSKAN TARGETNYA PADA ANAK-ANAK MUDA DAN PEMILIH PEMULA. PSI ADALAH PARTAI PLURAL DENGAN KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, DAN RAS YANG DITUNJUKKAN DENGAN BERBAGAI KEGIATAN YANG TELAH DILAKUKAN SERTA DARI KADERISASI ATAU PENGANGKATAN ORANG-ORANG BERBAKAT TANPA MELIHAT STATUS DAN BACKGROUND, DIMANA ORANG-ORANG YANG BELUM MEMPUNYAI NAMA DI MASYARAKAT DAPAT IKUT SERTA DALAM MENGOPTIMALKAN BAKAT MEREKA DALAM PARTAI INI. STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK YANG AKAN DILAKUKAN PSI PADA PEMILU 2024 DI KOTA YOGYAKARTA ADALAH DENGAN MENGGUNAKAN TAGLINE ATAU TUJUAN UTAMA PSI YAITU "HADIR, KERJA UNTUK MASYARAKAT" MELALUI (1) KREDIBILITAS, (2) DAYA TARIK, (3) KESAMAAN, DAN (4) KEKUATAN (POWER). DIKETAHUI BAHWA IMPLEMENTASI DARI TAGLINE TERSEBUT TIDAK HANYA SEKEDAR TAGLINE, DITUNJUKKAN DARI BERBAGAI POSTINGAN PROGRAM SERTA KEGIATAN PADA SOCIAL MEDIA PSI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION STRATEGY, POLITICAL COMMUNICATION, BEGINNING VOTER
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 26 Dec 2023 07:39
Last Modified: 26 Dec 2023 07:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35914

Actions (login required)

View Item
View Item