INTEGRASI ILMU AGAMA DAN ILMU SAINS MENURUT SAID NURSI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL

HIMMAWAN AYATHURRAHMAN (2022) INTEGRASI ILMU AGAMA DAN ILMU SAINS MENURUT SAID NURSI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENELITIAN INI BERTUJUAN (1) UNTUK MEMAHAMI TENTANG GAGASAN DAN TEORI SAID NURSI BERKAITAN DENGAN INTEGRASI ILMU AGAMA DAN SAINS. 2) UNTUK MEMAHAMI RELEVANSI TEORI SAID NURSI DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF DENGAN JENIS PENELITIAN STUDI PUSTAKA, MEMAKAI METODE PENYATUAN REFERENSI DARI MEMAHAMI REFERENSI MELALUI SUMBER DATA YANG DI DAPAT MELALUI REFERENSI JURNAL DAN BUKU PRIMER DAN SEKUNDER YANG BERKAITAN PADA TEORI TOKOH YANG DITELITI. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESKRIPTIF KUALITATIF, DAN JENIS PENELITIAN YANG DIGUNAKAN ADALAH STUDI PUSTAKA, YAITU MENGUMPULKAN DATA YANG BERTUJUAN UNTUK DIJADIKAN OBJEK PENELITIAN DATA YANG BERSIFAT STUDI PUSTAKA. METODE KONTEN ANALSIS YAITU MENDESKRIPSIKAN SECARA TERATUR, OBJEKTIF, DAN SITEMATIS MENGENAI KONSEPSI TOKOH DAN LEMBAGA. SAID NURSI ADALAH SALAH SATU TOKOH PEMBAHARUAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN PADA ABAD KE 20. DENGAN GAGASAN REFORMASI PENDIDIKAN KE ARAH INTEGRATIF, YAITU MENGKOMBINASIKAN DUA ILMU PENGETAHUAN (AGAMA DAN SAINS MODERN) YANG DIANGGAP TERPISAH. CORAK PEMBAHARUAN SAID NURSI ADALAH PENDIDIKAN UNTUK UMAT, DIMANA KONDISI UMAT ISLAM PADA ZAMAN SAID NURSI MENGALAMI KEBODOHAN YANG MENJADI PENYEBAB UMAT ISLAM DIJAJAH DAN HIDUP DALAN KEKUASAAN BANGSA ASING DI NEGERINYA SENDIRI . HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN 1. RELEVANSI PEMIKIRAN SAID NURSI YANG BERASASKAN INTEGRALISASI ILMU PENGETAHUAN YANG BERAKAR DARI FITRAH MANUSIA UNTUK MENCARI KEBAHAGIAAN SEJATI DI DUNIA DAN AKHIRAT SEJALAN DENGAN PEMIKIRAN PARA TOKOH MUSLIM SEPERTI ISMAIL RAFFI AL-FARUQI BERBICARA TENTANG ISLAMISASI ILMU, ZAINUDIN SARDAR TENTANG PENCIPTAAN SAINS ISLAM KONTEMPORER. 2. RELEVANSI DALAM METODE DAN PENDEKATAN PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM METODE PROSES BELAJAR MENGAJAR.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INTEGRATION, RELIGIOUS STUDIES, SCIENCE, SAID NURSI
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 26 Dec 2023 07:09
Last Modified: 26 Dec 2023 07:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35924

Actions (login required)

View Item
View Item