FAJAR RAMADHAN (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM PENGEREMAN DOUBLE DISK PADA MESIN LAS GESEK DENGAN KECEPATAN 2500 RPM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (276kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (78kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (765kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pengelasan gesek (friction welding) merupakan pengelasan dengan memanfaatkan energi panas yang dihasilkan oleh gesekan antar kedua permukaan material. Salah satu komponen yang terdapat pada las gesek yaitu sistem pengereman, yang berfungsi untuk menghentikan putaran motor listrik saat dilakukan penyambungan material. Sistem pengereman pada las gesek mempunyai faktor yang sangat penting untuk menunjang hasil pengelasan, antara lain adalah kecepatan pengeremannya, semakin tinggi kecepatan rem, maka semakin baik hasil pengelasan. Pada mesin las gesek sebelumnya sistem pengereman yang digunakan pada las gesek dengan kecepatan 1000 RPM masih kurang efektif karena hanya menggunakan tuas baja yang ditekan kebawah untuk mempercepat berhentinya motor listrik, sehingga inovasi sistem pengereman double disk pada mesin las gesek kecepatan 2500 RPM bertujuan untuk menghasilkan kecepatan sistem pengereman yang lebih baik, serta penggunaan yang lebih mudah dan perawatan yang simple.Tahap pertama untuk membuat sistem pengereman double disk pada las gesek kecepatan 2500 RPM ini adalah perancangan komponen rem dengan menggunakan software solidwork, selanjutnya yaitu proses pemilihan bahan material serta komponen yang akan digunakan. Dilanjutkan dengan proses pembuatan, perakitan, finishing, dan diakhiri dengan uji kecepatan sistem pengereman pada mesin las gesek. Pengujian sistem pengereman ini dilakukan 3 kali, karena menggunakan 3 variasi waktu pengelasan yaitu 80, 85, dan 90 detik. Dimulai dari variasi waktu pengelasan 80 detik dihasilkan waktu pengereman 0,25 detik, variasi waktu pengelasan 85 detik dihasilkan waktu pengereman 0,29 detik, variasi waktu pengelasan 90 detik dihasilkan waktu pengereman 0,34 detik. Dengan melihat hasil dari pengujian dari kecepatan sistem pengereman, maka rem pada las gesek kecepatan 2500 RPM ini aman dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FRICTION WELDING, BRAKING SYSTEM, DOUBLE DISK, 2500 RPM |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:47 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35944 |