AKHID PUTRA PRATAMA (2022) OPTIMASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN ABUTMENT JEMBATAN DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA (STUDI KASUS : JEMBATAN CABLE STAYED KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (823kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
KAJIAN DILAKUKAN DENGAN LATAR BELAKANG PROYEK PEMBANGUNAN ABUTMENT JEMBATAN CABLE STAYED, PADA AWAL DIRENCANAKAN DIDUGA DALAM PELAKSANAANNYA TERJADI KETERLAMBATAN JADWAL, KARENA BERBAGAI FAKTOR PEMBATASAN OPERASIONAL, SERTA FAKTOR CORONAVIRUS PADA TAHUN 2020. SEHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI, ADA 3 TUJUAN YANG HARUS DISAMPAIKAN, YANG PERTAMA ADALAH KESESUAIAN JADWAL PELAKSANAAN SESUAI DENGAN JADWAL YANG DIRENCANAKAN DENGAN BESARAN BIAYA ANGGARAN SESUAI ANGGARAN, MAKA PERSYARATAN MUTU DAN RENCANA KERJA MEMENUHI SPESIFIKASI. OLEH KARENA ITU, UNTUK MEMASTIKAN KETERLAMBATAN PROYEK TIDAK MENUNDA TANGGAL AKHIR PROYEK, SALAH SATU TINDAKAN YANG DAPAT DILAKUKAN ADALAH MEMPERCEPAT PROYEK MELALUI METODE CRASHING. DALAM PENERAPAN METODE INI, TINDAKAN YANG DILAKUKAN ADALAH PENERAPAN JAM KERJA TAMBAHAN MELALUI SISTEM LEMBUR GUNA MEMPERLANCAR KEGIATAN YANG BERKAITAN DENGAN PELAKSANAAN PROYEK. OLEH KARENA ITU, UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PELAKSANAAN CRASH PROJECT MENGGUNAKAN PERTUKARAN BIAYA TERHADAP WAKTU (DURATION COST TRADE OFF). DALAM ANALISIS TRADE OFF DURASI BIAYA. SEHINGGA DAPAT MENGOPTIMALKAN WAKTU DAN BIAYA DENGAN TIDAK MENURUNKAN MUTU YANG DIPERLUKAN. PENGAMBILAN DATA PENELITIAN BERASAL DARI PELAKSANA PROYEK (KONTRAKTOR) YANG TERJUN LANGSUNG DALAM PELAKSANAAN PROYEK YANG DIPERIKSA. TINDAKAN PERTAMA ADALAH MENETAPKAN KEBERADAAN JALUR KRITIS PEKERJAAN DALAM PROYEK, DAN HAL YANG SELANJUTNYA ADALAH MENERAPKAN PERHITUNGAN RENCANA PENAMBAHAN 1 JAM, 2 JAM, 3 JAM DAN 4 JAM LEMBUR. HASIL PENAMBAHAN 1 JAM KERJA LEMBUR DIDAPATKAN CRASHING SEBANYAK 4 HARI DENGAN BIAYA SEBESAR RP 1.119.269.390, TETAPI PROYEK MASIH MOLOR 6 HARI. PENAMBAHAN 2 JAM KERJA LEMBUR DIDAPAT DURASI CRASHING SEBESAR 7 HARI DENGAN BIAYA SEBESAR RP 1.151.342.085, TETAPI PROYEK MOLOR 3 HARI. PENAMBAHAN 3 JAM KERJA LEMBUR DIDAPAT DURASI CRASHING SEBESAR 11 HARI DENGAN BIAYA SEBANYAK RP 1.195.499.847 DAN SELESAI TEPAT WAKTU. PENAMBAHAN 4 JAM KERJA LEMBUR DIDAPAT DURASI CRASHING SEBESAR 12 HARI DENGAN BIAYA SEBANYAK RP 1.195.499.847 DAN SELESAI TEPAT WAKTU AKAN TETAPI DENGAN LEMBUR 4 JAM BIAYA COST SLOPE LEBIH BESAR DARI LEMBUR 3 JAM. SEHINGGA DIDAPATKAN HASIL YANG OPTIMAL DENGAN PENAMBAHAN WAKTU LEMBUR 3 JAM/HARI DAN TAMBAHAN BIAYA SEBANYAK RP. 139.444.132 ATAU 1,4
Dosen Pembimbing: | MUHAMMAD HERI ZULFIAR, DR., S.T., M.T. | NIDN0515026701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Crashing,iduration cost trade off, overtimeiwork, costs & costislope |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 07:27 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 07:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35954 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |