AKHID PUTRA PRATAMA (2022) OPTIMASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN ABUTMENT JEMBATAN DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA (STUDI KASUS : JEMBATAN CABLE STAYED KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (823kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Bab I.pdf
Download (432kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (659kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (781kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
KAJIAN DILAKUKAN DENGAN LATAR BELAKANG PROYEK PEMBANGUNAN ABUTMENT JEMBATAN CABLE STAYED, PADA AWAL DIRENCANAKAN DIDUGA DALAM PELAKSANAANNYA TERJADI KETERLAMBATAN JADWAL, KARENA BERBAGAI FAKTOR PEMBATASAN OPERASIONAL, SERTA FAKTOR CORONAVIRUS PADA TAHUN 2020. SEHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI, ADA 3 TUJUAN YANG HARUS DISAMPAIKAN, YANG PERTAMA ADALAH KESESUAIAN JADWAL PELAKSANAAN SESUAI DENGAN JADWAL YANG DIRENCANAKAN DENGAN BESARAN BIAYA ANGGARAN SESUAI ANGGARAN, MAKA PERSYARATAN MUTU DAN RENCANA KERJA MEMENUHI SPESIFIKASI. OLEH KARENA ITU, UNTUK MEMASTIKAN KETERLAMBATAN PROYEK TIDAK MENUNDA TANGGAL AKHIR PROYEK, SALAH SATU TINDAKAN YANG DAPAT DILAKUKAN ADALAH MEMPERCEPAT PROYEK MELALUI METODE CRASHING. DALAM PENERAPAN METODE INI, TINDAKAN YANG DILAKUKAN ADALAH PENERAPAN JAM KERJA TAMBAHAN MELALUI SISTEM LEMBUR GUNA MEMPERLANCAR KEGIATAN YANG BERKAITAN DENGAN PELAKSANAAN PROYEK. OLEH KARENA ITU, UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PELAKSANAAN CRASH PROJECT MENGGUNAKAN PERTUKARAN BIAYA TERHADAP WAKTU (DURATION COST TRADE OFF). DALAM ANALISIS TRADE OFF DURASI BIAYA. SEHINGGA DAPAT MENGOPTIMALKAN WAKTU DAN BIAYA DENGAN TIDAK MENURUNKAN MUTU YANG DIPERLUKAN. PENGAMBILAN DATA PENELITIAN BERASAL DARI PELAKSANA PROYEK (KONTRAKTOR) YANG TERJUN LANGSUNG DALAM PELAKSANAAN PROYEK YANG DIPERIKSA. TINDAKAN PERTAMA ADALAH MENETAPKAN KEBERADAAN JALUR KRITIS PEKERJAAN DALAM PROYEK, DAN HAL YANG SELANJUTNYA ADALAH MENERAPKAN PERHITUNGAN RENCANA PENAMBAHAN 1 JAM, 2 JAM, 3 JAM DAN 4 JAM LEMBUR. HASIL PENAMBAHAN 1 JAM KERJA LEMBUR DIDAPATKAN CRASHING SEBANYAK 4 HARI DENGAN BIAYA SEBESAR RP 1.119.269.390, TETAPI PROYEK MASIH MOLOR 6 HARI. PENAMBAHAN 2 JAM KERJA LEMBUR DIDAPAT DURASI CRASHING SEBESAR 7 HARI DENGAN BIAYA SEBESAR RP 1.151.342.085, TETAPI PROYEK MOLOR 3 HARI. PENAMBAHAN 3 JAM KERJA LEMBUR DIDAPAT DURASI CRASHING SEBESAR 11 HARI DENGAN BIAYA SEBANYAK RP 1.195.499.847 DAN SELESAI TEPAT WAKTU. PENAMBAHAN 4 JAM KERJA LEMBUR DIDAPAT DURASI CRASHING SEBESAR 12 HARI DENGAN BIAYA SEBANYAK RP 1.195.499.847 DAN SELESAI TEPAT WAKTU AKAN TETAPI DENGAN LEMBUR 4 JAM BIAYA COST SLOPE LEBIH BESAR DARI LEMBUR 3 JAM. SEHINGGA DIDAPATKAN HASIL YANG OPTIMAL DENGAN PENAMBAHAN WAKTU LEMBUR 3 JAM/HARI DAN TAMBAHAN BIAYA SEBANYAK RP. 139.444.132 ATAU 1,4
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Crashing,iduration cost trade off, overtimeiwork, costs & costislope |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 07:27 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 07:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35954 |