PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN ANTARA SISTEM PEMBAYARAN INA-CBGs DENGAN FEE FOR SERVICE DI RUANG RAWAT INAP KELAS II RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

SISYANI PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN ANTARA SISTEM PEMBAYARAN INA-CBGs DENGAN FEE FOR SERVICE DI RUANG RAWAT INAP KELAS II RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Awal (Hal Depan).pdf] Text
Awal (Hal Depan).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
PENDAHULUAN-4 (6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Latar belakang: Pembangunan kesehatan di Indonesia berpedoman pada Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Subsistem kesehatan nasional adalah sub system pembiayaan.Upaya untuk melindungi warga terhadap risiko finansial dibutuhkan system pembiayaan kesehatan pra-upaya, bukan pembayaran secara langsung. Ada beberapa pasien merasa bahwa kualitas pelayanannya dibedakan antara pembayaran langsung dan pembayaran asuransi kesehatan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan antara sistem pembayaran INA-CBGs dengan Fee For Service di ruang rawat inap kelas II RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah pasien rawat inap kelas II di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Besarnya sampel pada sistem pembayaran INA-CBGs sebanyak 50 responden dan Fee For Service sebanyak 50 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Beda Rata-Rata Sampel Tidak Berhubungan dengan Uji Mann-Whitney. Hasil dan Pembahasan: Pasien merasakan kualitas pelayanan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul dibedakan antara sistem pembayaran Fee For Service dan pembayaran dengan INA-CBGs. Mereka beranggapan pembayaran menggunakan Fee For Service pelayanannya lebih baik dibandingkan yang menggunakan BPJS. Pada perhitungan data statistik mean rank INA-CBGs adalah sebesar 44.41 dan nilai mean rank Fee For Service adalah sebesar 56.59. Hasil Uji Beda Rata-Rata Sampel Tidak Berhubungan dengan menggunakan MannWhitney yang menyatakan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara sistem pembayaran INA-CBGs dengan Fee For Service terhadap kualitas pelayanan. Perbedaan ini disebabkan karena aspek komunikasi, antrian panjang dan pengurusan administrasi pada pasien BPJS yang tidak mudah sehingga pasien merasa tidak puas. Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan antara sistem pembayaran INA-CBGs dengan Fee For Service

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:38
Last Modified: 04 Jan 2024 07:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36116

Actions (login required)

View Item
View Item