Analisis Pemodelan Sistem Rangka Portal Baja Variasi Tipe Bracing V,K, dan X dengan Software Abaqus 6.11

AGUNG PRASASTIANTO (2017) Analisis Pemodelan Sistem Rangka Portal Baja Variasi Tipe Bracing V,K, dan X dengan Software Abaqus 6.11. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V DAN BAB. VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[thumbnail of Lampiran I] Text (Lampiran I)
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of Lampiran II] Text (Lampiran II)
LAMPIRAN B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of Lampiran III] Text (Lampiran III)
LAMPIRAN C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada saat gempa terjadi gedung akan mengalami simpangan lateral dan apabila simpangan lateral int melebihi sprat aman yang telah ditetapkan old? peraturan yang ada maka gedung rentan terhadap keruntuhan. Kekuatan. kekakuan clan kemampuan untuk meredam energi gempa haruslah dimiliki oleh struktur hangman, ke-empat Maor tersebut merupolcan sate kesatuan utama yang harus memerlukan perharian khusus. Hal lain yang juga hams diperhatilcan adalah pemlihan sistem stniktur, material yang alum digunakan. serta sistem sambungan dari setiap elemen strukturnw. Beberapa cora untuk mengatasi simpangan lateral pada saat tejadi gempa yang dapat dilatation diantaranya adalah penerapan sistem rangka bresing pada struktur bangunan
Tujuan penelitian ini mengesaluasi dan menganahsis kinerja sistem rangka portal baja yang di desain tanpa menggunakan sistem pengaku diagonal (bresing) dan dengan sistem pengaku diagonal (bresing) ripe V, K dan X agar mampu dalam mereduksi gays yang terjadi abbot beban lateral (beban gempa), sehingga dapat menunimalkon terjadinya besaran simpangan lateral yang terjadi serta mencari nilai optimum kekakuan struktur berdasarkan nilai simpangan lateral don kemampuan strulaur dalam mere4nm energi yang mengacv pada ketentuan SN! 03-1726-2012 dengan Sistem Rangka Bresing (SRN. Metode penelitian ini dengan melakukan pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer dengan melakukan survey langsung ke lokasi penelitian dan data sekunder diperoleh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Daerah 1stimewa Yogyakarta.
Hasil penelitian int slim I) Kelengkapan pada struktur telah memenuht standar teknis yang berlalat dan anion terhadap gempa. 2) Penggunaan Sitem Struktur Rangka Bresing dapat menambah kekuatan dalam meredam energi dan menambah nilai ftiktor kekakuan dari pada struktur portal tanpa menggunakan rangka bresing dalam mengatasi simpangan latera yang terjadi) 3) Dart ketiga portal baja dengan menggunakan bresing dibandingkan dengan portal bale lama menggunakan bresing tersebut, didapatkan hasil baltwo jenis bresing tipe X lah yang memiliki nibs paling optimum !arena hasilnya meratjukkan bahwa nilai simpangan lateral paling kecil yaitu sebesar 0.01 % atau 0.887011 mm dan nilai kekakuan paling ringgi pine sebesar 95.04% atau 28466,3888 N'mm serta besaran energi yang ado pada portal tipe X paling rendah 'gnu sebesar 0,0001% atau 72371.93602 N.mm.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:50
Last Modified: 09 Jan 2023 03:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36131

Actions (login required)

View Item
View Item