ARYA SUMANI HARJA (2017) ANALISIS LALU LINTAS MENGGUNAKAN PKJI 2014 DAN PEMODELAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM 9 PADA SIMPANG APILL PLENGKUNG GADING KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.
PENDAHULUAN.pdf
Download (5MB)
halaman pengesahan (3).pdf
Download (358kB)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (889kB)
BAB. I.pdf
Download (1MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17MB)
BAB.VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (666kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Yogyakarta adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan sebutan kota pelajar dan kota wisata, Seiring berjalannya waktu, kota Yogyakarta semakin padat dikarenakan jumlah penduduk yang sangat banyak dan diikuti dengan akivitas yang banyak juga. di tambah lagi dengan angka kepemilikan kendaraan pribadi yang terus meningkat sehingga menyebabkan masalah gangguan pada lalu lintas seperti, kemacetan pada ruas jalan, tundaan, panjang antrian kendaraan, kejenuhan lalu lintas, dan penurunan kapasitas jalan yang akan sangat berdampak pada pengoptimalan fungsi dan efisiensi jalan dalam melayani penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja simpang APILL Plengkung Gading, untuk mengevaluasi kinerja simpang, dan memberikan alternatif dan solusi guna meningkatkan kinerja simpang APILL Plengkung Gading. Program yang digunakan dalam pemodelan ini adalah VISS1M9.0 (Student Version). Hasil dari penelitian ini diperoleh faktor yang mempengaruhi kinerja simpang APILL adalah geometrik, kondisi lingkungan, volume lalu lintas, antar lalu lintas, kapasitas simpang, derajat kejenuhan, panjang antrian, dan tundaan. Pada kondisi eksisting diperoleh tundaan rata-rata sebesar 113.30 dtk/skr dengan tingkat pelayanan F yaitu buruk sekali. Skenario solusi yang diberikan adalah perencanaan waktu siklus baru dengan hasil 112.28 dtk/skr, pelebaran jalan dengan hasil 76.69 dtk/skr, perubahan fase dengan hasil 60.91 dtk/skr, dan gabungan (Perencanaan waktu siklus baru, pelebaran jalan pada setiap lengan, dan perubahan fase) dengan hasil 38.19 dtk/skr. Solusi terbaik yang dapat digunakan adalah skenario gabungan dengan tundaan rata-rata simpang 38.19 dtk/skr dengan tingkat pelayanan D.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Modelling, PKJI 2014, PTV, VISSIM9.0 |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 07:39 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 02:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36159 |