PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDORONG PEMBANGUNAN PERTANIAN MENUJU KEDAULATAN PANGAN STUDI KASUS DI DINAS PERTANIAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2014-2015

BINTORO (2016) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDORONG PEMBANGUNAN PERTANIAN MENUJU KEDAULATAN PANGAN STUDI KASUS DI DINAS PERTANIAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2014-2015. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
SINOPSIS.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (15MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[thumbnail of Lampiran I] Text (Lampiran I)
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Lampiran II] Text (Lampiran II)
LAMPIRAN B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)

Abstract

setiap makhluk hidup di suatu wilayah. Oleh karena itu suatu wilayah yang terdapat potensi pertanian harus melakukan pembangunan pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan. Pertanian merupakan sektor yang sangat panting dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan peningkatan ekonomi. Wilayah Kabupaten Sragen dengan potensi terbesar di sektor pertanian maka pembangunan pertanian harus dilakukan. Dalam pembangunan pertanian juga terkait dengan isu kedaulatan pangan. Kedaulatan pangan merupakan hak seseorang untuk mendeskripsikan sistem pangan dalam memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Maka dari penelitian ini, pokok pembangunan pertanian dapat berdampak pada kedaulatan pangan di Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran-peran apa saja yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sragen dalam mendorong pembangunan pertanian menuju kedaulatan pangan di wilayah Kabupaten Sragen. Jenis penelitian yang dipilih penulis dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara langsung kepada informan di Dinas Pertanian Kabupaten Sragen yang berhubungan langsung dengan program pembangunan pertanian serta dari perwakilan masyarakat tani. Serta mengambil data yang berupa laporan-laporan atau program yang terkait dengan pembangunan pertanian. Dalam penelitian ini, Dinas Pertanian Kabupaten Sragen melakukan peran pembangunan pertanian menuju kedaulatan pangan antara lain yaitu program revitalisasi lahan dalam menekan penyusutan lahan, ada juga program pemberian bantuan benih pertanian, selanjutnya program pengembangan atau pembangunan infrastruktur dalam pertanian, dan pemberian bantuan berupa permodalan untuk kegiatan pertanian, tidak hanya program permodalan dalam pertanian ada juga program pengadaan teknologi pertanian yang berupa alat-alat mesin pertanian yang sangat membantu kegiatan pertanian di Kabupaten Sragen. Program pembangunan pertanian dan Dinas Pertanian Kabupaten Sragen berupa revitalisasi lahan, pemberian benih, pengembangan infrastruktur pertanian, pemberian permodalan dan pengadaan teknologi alat-alat mesin pertanian semata-mata agar petani dapat mencapai tujuan kedaulatan pangan yang dapat membantu Kabupaten Sragen dalam mensukseskan pembangunan pertanian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Role, Agricultural development, Food sovereignty
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:56
Last Modified: 28 Dec 2023 06:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36170

Actions (login required)

View Item
View Item