DINY VELLYANA (2015) Analisis Budaya Keselamatan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Di RS PKU Muhammadiyah Unit II Gamping. S2 thesis, UNSPECIFIED.
PENDAHULUAN.pdf
Download (3MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (995kB)
BAB.1.pdf
Download (2MB)
BAB.2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
BAB.3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB.4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
BAB.5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
Latar belakang: Budaya keselamatan pasien di RS PKU Muhammadiyah Unit II belum berjalan dengan baik, ditandai oleh banyaknya pelaporan insiden keselamatan pasien yang tercatat oleh TIM KPRS. Padahal rumah sakit bertype C yang sedang mempersiapkan akreditasi KARS 2012 ini memiliki kewajiban untuk menerapkan budaya keselamatan pasien dalam proses pemberian pelayanan kesehatan. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods research yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) dengan rancangan penelitian deskriptif subjek penelitiannya adalah perawat/bidan pelaksana yang berhubungan langsung dengan pasien sebanyak 76 orang. Pengukuran budaya keselamatan pasien menggunakan kuesioner MIRO (Agency For Healthcare Research and Quality) tahun 2004 yang berjudul HSOPSC (Hospital Survey on Patient Safety Culture). Kuesioner ini terdiri dari 12 dimensi dengan 42 item pertanyaan sera dilengkapi dengan data wawancara dan laporan insiden keselamatan pasien dan TIM KPRS Muhammadiyah Unit II. Hasil dan Pembahasan: Penerapan budaya keselamatan pasien di RS PKU Muhammadiyah Unit II masuk dalam kategori cukup dengan nilai mean sebesar 74.09. Terdapat Gap/perbandingan pelaporan antara TIM KPRS dan hasil penelitian di lapangan sera ditemukannya hambatan-hambatan dalam penerapan budaya keselamatan pasien di RS PKU Muhammadiyah Unit 11 yang berasal dari dukungan manajemen yang masih belum optimal, tingginya jam kerja dan beban kerja yang tidak sesuai sena masih terdapat adanya proses tahapan program keselamatan pasien yang belum terlaksanakan. Simpulan dan Saran: Budaya keselamatan pasien di RS PKU Muhammadiyah Unit II masuk dalam kategori cukup, tetapi perlu dukungan manajemen dan optimalisasi program keselamatan pasien.
Kata Kunci: Budaya Keselamatan Pasien, RS PKU Muhammadiyah Unit II
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 06:33 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 06:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36181 |