INOKE RASERU (2023) MARKETING COMMUNICATION STRATEGY DURING COVID-19 ON TOURISM ATTRACTION IN TAMANSARI VILLAGE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (529kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Bab I.pdf
Download (275kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (347kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Sektor pariwisata Indonesia pada tahun 2021 belum menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara belum menunjukkan peningkatan yang dibuktikan dengan data oleh Badan Pusat Statistik. Hal ini tentu mengancam seluruh masyarakat yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai mata pencaharian. Salah satu provinsi di Indonesia yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta telah mencoba berbagai cara untuk memulihkan ekonomi pariwisata di daerah tersebut. Kepala Dinas Pariwisata DIY telah mengeluarkan Surat Edaran yang meminta sektor pariwisata memastikan penerapan protokol kesehatan. Yogyakarta membatasi jumlah wisatawan dengan jam operasional terbatas, menyaring persyaratan dokumen kesehatan, membatasi pengunjung restoran dan mendorong calon wisatawan melakukan reservasi sebelum berkunjung. Tentu upaya tersebut belum membuahkan hasil yang cukup, terutama di salah satu ikon Yogyakarta yaitu objek wisata Tamansari. Di sisi lain, pihak objek wisata terus melakukan upaya promosi untuk menarik wisatawan datang. Strategi komunikasi pemasaran diperlukan untuk mengembangkan desa wisata khususnya di kawasan Tamansari yang dapat meningkatkan jumlah wisatawan.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus pada penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Kepala Desa Wisata Tamansari. Kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan perspektif yang berbeda tentang dampak Covid-19 terhadap Daya Tarik Wisata di Desa Tamansari.Menerapkan bauran pemasaran 4P dan strategi pemasaran dapat diterapkan untuk menarik wisatawan ke Desa Wisata Tamansari. Penelitian menemukan bahwa komunikasi pemasaran dengan menggunakan elemen 4P (produk, harga, tempat, dan promosi) merupakan model yang efektif di desa wisata Tamansari. Di masa pandemi, produk bisa diciptakan sebagai virtual tour, sehingga masyarakat tetap bisa menikmati keunikan Tamansari. Selain itu, desa wisata Tamansari juga melakukan pengenalan model stakeholder Pentahelix, dimana lima stakeholder model tersebut diajak berdiskusi bagaimana mensukseskan destinasi wisata. Akan lebih baik jika Tamansari dapat memanfaatkan semua sarana pemasaran terutama untuk promosi guna mendongkrak minat wisatawan di kawasan Tamansari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Marketing Communication, Tamansari Tourism Village |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 09:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 09:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36267 |