PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN BERBAGAI FAKTOR MODERASI PADA SURVEI PERIODIK TRIWULAN I-IV TAHUN 2021 DI RSUD DR SOETOMO

CITA ROSITA SIGIT PRAKOESWA (2022) PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN BERBAGAI FAKTOR MODERASI PADA SURVEI PERIODIK TRIWULAN I-IV TAHUN 2021 DI RSUD DR SOETOMO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan mengacu pada penilaian terhadap kualitas pelayanan, sedangkan loyalitas adalah kecenderungan menggunakan produk yang sama secara konsisten. Peningkatan kepuasan menyebabkan peningkatan loyalitas rumah sakit. Usia, jenis kelamin, pendidikan, dan metode pembayaran dapat berperan sebagai faktor moderasi.Tujuan: Menguji pengaruh survei kepuasan berkala terhadap loyalitas dan efek dari faktor moderasi antara loyalitas dan kepuasan.Metode: Analisis kohort retrospektif dilakukan tahun 2021 dari data survei TW1-4. Indeks kepuasan masyarakat (IKM) dan net promoter score (NPS) digunakan untuk menilai kepuasan dan loyalitas pasien. Anova digunakan untuk membandingkan IKM dan NPS. Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas dianalisis menggunakan regresi linier sederhana, regresi linier berganda dan regres moderasi.Hasil: Penelitian ini melibatkan 2.382 responden, menunjukkan perbedaan signifikan IKM dan NPS pada TW1-4 (p kurang dari�0,05). Dengan R2 sebesar 43%, kepuasan menaikkan nilai loyalitas sebesar 17 poin. Kecuali spesifikasi produk, keahlian, dan fasilitas, hampir semua faktor menunjukkan pengaruh positif terhadap loyalitas (p kurang dari 0,05). Dengan nilai R2 sebesar 16,03%, semua faktor moderasi terbukti meningkatkan korelasi antara kedua parameter.Kesimpulan: Kepuasan dan loyalitas pasien dapat ditingkatkan dengan survei berkala. Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas dengan beberapa faktor pemoderasi terbukti dalam penelitian ini. Studi kohort lanjutan berfokus pada satu unit kerja penting untuk meningkatkan kinerja rumah sakit

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: patient satisfaction, loyalty, moderating factors, tertiary referral hospital
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2023 01:45
Last Modified: 24 Jun 2023 01:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36287

Actions (login required)

View Item
View Item