CITA ROSITA SIGIT PRAKOESWA (2022) PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN BERBAGAI FAKTOR MODERASI PADA SURVEI PERIODIK TRIWULAN I-IV TAHUN 2021 DI RSUD DR SOETOMO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan mengacu pada penilaian terhadap kualitas pelayanan, sedangkan loyalitas adalah kecenderungan menggunakan produk yang sama secara konsisten. Peningkatan kepuasan menyebabkan peningkatan loyalitas rumah sakit. Usia, jenis kelamin, pendidikan, dan metode pembayaran dapat berperan sebagai faktor moderasi.Tujuan: Menguji pengaruh survei kepuasan berkala terhadap loyalitas dan efek dari faktor moderasi antara loyalitas dan kepuasan.Metode: Analisis kohort retrospektif dilakukan tahun 2021 dari data survei TW1-4. Indeks kepuasan masyarakat (IKM) dan net promoter score (NPS) digunakan untuk menilai kepuasan dan loyalitas pasien. Anova digunakan untuk membandingkan IKM dan NPS. Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas dianalisis menggunakan regresi linier sederhana, regresi linier berganda dan regres moderasi.Hasil: Penelitian ini melibatkan 2.382 responden, menunjukkan perbedaan signifikan IKM dan NPS pada TW1-4 (p kurang dari�0,05). Dengan R2 sebesar 43%, kepuasan menaikkan nilai loyalitas sebesar 17 poin. Kecuali spesifikasi produk, keahlian, dan fasilitas, hampir semua faktor menunjukkan pengaruh positif terhadap loyalitas (p kurang dari 0,05). Dengan nilai R2 sebesar 16,03%, semua faktor moderasi terbukti meningkatkan korelasi antara kedua parameter.Kesimpulan: Kepuasan dan loyalitas pasien dapat ditingkatkan dengan survei berkala. Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas dengan beberapa faktor pemoderasi terbukti dalam penelitian ini. Studi kohort lanjutan berfokus pada satu unit kerja penting untuk meningkatkan kinerja rumah sakit
Dosen Pembimbing: | Nur Hidayah, Dr., S.E., M.M. and Arlina Dewi, Dr. dr., M.Kes. | NIDN0311065902, NIDN0531106801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | patient satisfaction, loyalty, moderating factors, tertiary referral hospital |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2023 01:45 |
Last Modified: | 24 Jun 2023 01:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |