ONLINE CUSTOMER REVIEW: HAK KONSUMEN DALAM MEMBERIKAN PENDAPAT DAN KELUHAN DALAM TRANSAKSI MENGGUNAKAN MARKETPLACE

SUSILA (2023) ONLINE CUSTOMER REVIEW: HAK KONSUMEN DALAM MEMBERIKAN PENDAPAT DAN KELUHAN DALAM TRANSAKSI MENGGUNAKAN MARKETPLACE. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Konsumen memiliki hak dalam memberikan keluhan dan pendapat sebagaimana bentuk Pasal 4 huruf d, pendapat dan keluhan terdapat juga di marketplace pada penilaian produk dan dapat dilihat banyak pihak salah satunya calon pembeli. Sementara itu dalam prakteknya yang terjadi bahwa konsumen banyak memberikan nilai yang dianggap kurang memuaskan bagi pelaku usaha. Dalam pembahasan ini sangat menarik menjadi penelitian adalah batasan konsumen dalam memberikan pendapat dan keluhan yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam online customer review, serta bagaimana perlindungan hukum konsumen dalam tindakan online customer review. Metode penelitian ini�menggunakan metode penelitian normatif dengan pendekatan konseptual, yaitu mendekatkan pada asas hukum dan lembaga hukum. Maka dari pembahasan tersebut dapat diketahui bahwa Batasan dari hak mengeluarkan pendapat dan keluhan dalam peraturan hukum belum memiliki batasan hukum yang jelas, batasan juga dapat menjadikan daya maksimal dalam utilitasnya. Kebebasan konsumen dalam review termasuk dalam hak dan hak yang tidak memenuhi syarat untuk kebebasan lahir karena batasan yang diperlukan dibangun ke dalam konsep perbuatan itu sendiri. Tetapi terdapatnya norma dan moral dapat dijadikan sebagai tolak ukur pebuatan itu layak atau tidaknya dilihat oleh banyak pihak. Sebagai bentuk perlindungan terdapatnya beberapa lembaga atau yang memiliki wewenang dalam perlindungan konsumen yaitu: badan perlindungan konsumen nasional, badan penyelesaian sengketa konsumen, lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: complaints, limitations, marketplace, opinions, consumer protection
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Hukum S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:29
Last Modified: 21 Jun 2023 07:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36316

Actions (login required)

View Item
View Item