SALMA NUR FADILAH DARMAWANTI (2022) THE INFLUENCE OF FINANCIAL LITERACY, LIFESTYLE, AND SELF-CONTROL ON CONSUMPTIVE BEHAVIOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (234kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Bab I.pdf
Download (145kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (533kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perilaku konsumtif adalah perilaku mengkonsumsi barang yang sebenarnya kurang atau tidak dibutuhkan (terutama dalam kaitannya dengan respon terhadap konsumsi barang sekunder, yaitu barang yang tidak terlalu dibutuhkan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor seperti literasi keuangan, gaya hidup, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2019 � 2022 dengan penghasilan lebih dari atau sama dengan Rp. 1.000.000, sedangkan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus jumlah indikator dikalikan rating scale sehingga diperoleh 182 sampel. Data kuantitatif yang digunakan, dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Alat analisis dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Data diolah menggunakan program AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif; gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif; dan pengendalian diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumtif adalah variabel gaya hidup dengan nilai signifikansi 0,000 yang menyatakan sangat signifikan, diikuti oleh variabel literasi keuangan dan kontrol diri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Financial Literacy, Lifestyle, Self-control, Consumptive Behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 07:28 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 07:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36321 |