ADESTIYA ISKANDAR (2011) EVALUASI STRATEGI PEMASARAN RS ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
PENDAHULUAN.pdf
Download (4MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (375kB)
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (20MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Latar Belakang: Rumah sakit dihadapkan kepada masyarakat yang lebih terdidik dan lebih mampu membeli pelayanan yang dibutuhkan. Memahami bahwa konsumen merupakan dasar dari pemasaran, maka rumah sakit harus memahami bagaimana konsumen secara individual melihat, berpikir, merasa dan bertindak terhadap pelayanan. Bauran pemasaran jasa yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, process dan customer service merupakan serangkaian variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan dipakai oleh pelaksanaan pemasaran rumah sakit untuk memasarkan jasa kesehatan yang dihasilkan. Untuk menilai seberapa efektif rancangan strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh rumah sakit, maka dibutuhkan suatu evaluasi. Tanpa evaluasi, manajemen tidak dapat mengetahui apakah rancangan yang sudah dibuat berjalan dengan semestinya atau tidak.
Tujuan penelitian: Melakukan evaluasi strategi pemasaran rumah sakit terkait dengan bauran pemasaran dengan menilai komponen-komponen pemasaran guna memberikan masukan bagi rumah sakit terhadap strategi pemasaran yang telah diterapkan
Metode: Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan memadukan data kuantitatif dan kualitatif yang ingin menjelaskan evaluasi strategi pemasaran RS Roemani Muhammadiyah Semarang dengan cara menilai komponen-komponen pemasaran terkait dengan hauran pemasaran. Pengambilan data kuantitatif dilakukan terhadap 100 responden dengan menggunakan kuesioner dan data kualitatif didapat dari hasil wawancara mendalam dengan pihak manajemen rumah sakit serta beberapa dokter dan perawat Hasil: Analisis deskriptif menggambarkan bahwa sebagian besar responden
menilai strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh RS Roemani Muhammadiyah Semarang sudah cukup baik. Evaluasi stategi pemasaran di RS Roemani Muhammadiyah Semarang belum dilakukan secara rutin Kesimpulan dan saran: Untuk dapat merebut pasar, manajemen RS Roemani Muhammadiyah Semarang segera berorientasi pada hauran pemasaran secara keselurahan dan variabel mal un serta melakukan evaluasi strategi bersiap pektif shadap masyarakat potensial pengguna rumah sakit di wilayah layanannya deng pemasaran
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | marketing strategy, evaluation product, price, promotion, people, physical evidence, process, customer service |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:18 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 01:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36329 |