AGUNG PRASASTIANTO ANALISIS PEMODELAN SISTEM RANGKA PORTAL BAJA VARIASI TIPE BRACING V, K DAN X DENGAN SOFTWARE ABAQUS 6.11 (Studi Kasus Taman Parkir Bus dan Motor Abu Bakar Ali, Malioboro). S1 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
BAB. I.pdf
Download (1MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
BAB. V DAN BAB. VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (746kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (26MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengevaluasi dan menganalisis kinerja sistem rangka portal baja yang di desain tanpa menggunakan sistem pengaku diagonal (bresing) dan dengan sistem pengaku diagonal (bresing) ape Y, K dan X agar mampu dalam mereduksi gayer yang terjadi akibat beban lateral (beban gempa), sehingga dapat meminimalkan terjadinya besaran simpangan lateral yang terjadi serta mencari nilai optimum kekakuan struktur berdasarkan nilai simpangan lateral dan kemampuan struktur dalam meredam energi yang mengacu pada ketentuan SNI 03-1726-2012 dengan Sistem Rangka Bresing (SRB). Metode penelitian ini dengan melakulcan pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer dengan melakukan survey langsung ke lolcasi penelitian dan data sekunder diperoleh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Kelengkapan pada struktur telah memenuhi standar telcnis yang berlaku dan aman terhadap gempa. 2) Penggunaan Sitem Struktur Rangka Bresing dapat menambah kekuatan dalam meredam energi dan menambah nilai faktor kekakuan dari pack struktur portal tanpa menggunakan rangka bresing dalam mengatasi simpangan latera yang terjadi!. 3) Dari ketiga portal baja dengan menggunakan bresing dibandingkan dengan portal baja tanpa menggunakan bresing tersebut, didapatkan hasil bahwa jenis bresing ripe X lah yang memiliki nilai paling optimum karena hasilnya menujukkan bahwa nilai simpangan lateral paling kecil yaitu sebesar 0,01 % atau 0,887011 mm dan nilai kekakuan paling tinggi yaitu sebesar 95,04% atau 28466,3888 N'mm serta besaran energi yang ada pada portal tipe X paling rendah yaitu sebesar 0,0001% atau 72371,93602 N. mm.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SISTEM PORTAL RANGKA BAJA; BRESING; SIMPANGAN LATERAL |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 06:36 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 06:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36336 |