AHMAD THOBRONI SUFI (2022) PERAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (307kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (51kB)
Bab I.pdf
Download (53kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (755kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Abstrak: Berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3, pemahaman kepada peserta didik untuk beriman dan bertaqwa memiliki Akhlakul karimah, disiplin, dan berwibawa merupakan tujuan utama dari pendidikan. Berkaitan dengan tujuan pendidikan tersebut pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu pembelajaran yang mengajarkan tentang cara beriman dan bertaqwa, memiliki Akhlakul karimah disiplin dan berwibawa, maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan judul peran pembelajran Aqidah Akhlak untuk membentuk karakter Islami siswa. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui proses pembelajaran Aqidah Akhlak, peran pembelajaran Aqidah Akhlak, dan upaya yang dilakukan oleh guru dan sekolah untuk membentuk karakter Islami siswa. Pembelajaran Aqidah Akhlak mengajarkan tentang ilmu Tauhid dan Akhlak yang berfungsi sebagai salah satu sumber materi untuk membentuk karakter Islami. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan kreadibilitas jenis Triangulasi metode dan Triangulasi sumber data. Dalam melakukan pengambilan data melibatkan tiga informan yaitu guru Aqidah Akhlak kelas 7 dan 8, guru Aqidah Akhlak kelas 9, dan waka Ismuba. Hasil penelitian yang ditemukan di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin yaitu, Pembelajaran Aqidah Akhlak memiliki peran sebagai salah satu pelajaran yang memberikan pengetahuan tentang ilmu Tauhid dan ilmu Akhlak untuk membentuk karakter islami siswa, proses pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, ada yang dilakukan oleh guru dan ada program yang diterapkan oleh sekolah. Adapun cara yang dilakukan guru yaitu melakukan pendekatan kepada siswa, guru membersamai siswa ketika pada saat jam tertentu, saat jam istirahat, dan saat melakukan proses pembelajaran, kemudian cara yang dilakukan oleh sekolah yaitu dengan memberikan program pembiasan, seperti tadarus Al Quran, sholat duhur dan ashar berjamaah, monitoring aktifitas siswa di rumah, dan pembentukan program road untuk mencegah bulying siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aqidah Akhlak; School Programs; Student Islamic Characteristics |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 03:42 |
Last Modified: | 19 Aug 2023 03:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36349 |