ADILAH MUTHI'AH KHANSA (2023) PERAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK MURID DI TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN MASJID AL MOELADI SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (388kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Bab I.pdf
Download (176kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (26kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Peranan guru TPA (Taman Pendidikan Al Qur�an) sangat penting dalam pembinaan akhlak siswa mengingat beberapa orang tua mengalami kesulitan dalam mendidik akhlak anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru TPA dalam pembinaan akhlak siswa, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat terhadap pembinaan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TPA Al-Moeladi Sewon Bantul tidak hanya mengawasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran, tetapi juga mengawasi seluruh aktivitas siswa secara menyeluruh termasuk pendidikan akhlaknya. Upaya yang diberikan untuk mengembangkan akhlak siswa diwujudkan dengan melatih dan menanamkan dalam diri mereka nilai-nilai seperti budi pekerti, kejujuran, keadilan, dan keberanian. Faktor pendukung antara lain orang tua yang terus menerus menekankan pentingnya akhlak mulia, guru yang berdedikasi tinggi dan profesional dalam mendidik anak didiknya, dan siswa itu sendiri yang sangat antusias dalam mengikuti kelas-kelas membaca dan menulis Al-Qur�an yang diadakan di sebuah masjid. Faktor penghambatnya antara lain kemajuan teknologi khususnya di bidang komunikasi karena hampir semua siswa memiliki smartphone. Siswa yang diberikan handphone sejak dini mengalami kecanduan dan kesulitan dalam mengelola minat belajarnya. Akibatnya, mereka memiliki waktu belajar yang lebih sedikit dan menjadi enggan untuk belajar. Hambatan lain adalah ketidaktahuan orang tua dalam mengasuh anak-anak mereka di pendidikan informal seperti TPA; terlihat dari sedikitnya jumlah siswa di TPA Al Moeladi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The role of TPA�s teacher, Moral Development, Supporting and Inhibiting Factors. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 03:33 |
Last Modified: | 19 Aug 2023 03:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36386 |